Beranda TOP TANGSEL PEMKOT TANGSEL

Kota Tangsel Perpanjang PSBB Hingga 12 Juli 2020

650
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

SUARA TANGSEL – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) perpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 12 Juli 2020. Ini merupakan perpanjangan yang kelima selama Kota Tangsel memberlakukan PSBB.

Terhitung sejak pelaksanaan PSBB tahap pertama, 18 April 2020 sampai dengan 1 Mei 2020, maka total pelaksanaan PSBB di Kota Tangsel telah berlangsung sebanyak lima tahap. Tahap keempat baru saja berakhir pada hari Minggu, 28 Juni 2020. kemudian diperpanjang kembali, yaitu tahap kelima, dimulai hari Minggu, 28 Juni 2020 sampai dengan 12 Juli 2020.

Menurut Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, keputusan pepanjangan PSBB di Kota Tangsel ini merujuk pada Keputusan Gubernur Banten.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep.171-Huk/2020 tentang perpanjangan tahap kelima PSBB di wilayah Kabupaten Tengerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selata, dikutip dari Kompas.com.

Pada poin ketiga SK tersebut, berbunyi, mewajibkan pemerintah tiga wilayah di Tangerang Raya untuk wajib melaksanakan PSBB dan mendorong masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dengan diperpanjangnya PSBB ini, maka diharapkan masyarakat Kota Tangsel menjadi lebih peduli dengan kesehatan diri, keluarga dan masyarakat, karenanya ketentuan untuk selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah, jarak jarak, dan ketentuan lain dari protokol kesehatan harus tetap dipatuhi,” ungkapnya.

Masayarakat harus tetap melaksanakan Protokol Kesehatan dengan cara sering cuci tangan, jaga kebersihan, menggunakan masker jika keluar rumah, menjaga jarak setidaknya 1.5 meter dengan orang lain, menjaga pola makan, tambah Airin.

Aturan pelaksanaan PSBB masih sama dengan sebelumnya. Namun, Airin mengatakan, ada pelonggaran di beberapa sektor dalam ketentuan PSBB kali ini dalam rangka menghadapi era normal baru yang akan dikeluarkan Pemerintah Pusat.  

Namun demikian pihaknya tetap menerapkan konsep pembatasan sosial berskala lokal (PSBL) atau PSBB berbasis lingkungan RT/RW, karena konsep ini terbukti bisa menekan jumlah wilayah zona merah yang ada di Kota Tangsel. (Adv)