Home / TOP TANGSEL / PEMKOT TANGSEL / Kota Tangerang Selatan Menuju Kota Koperasi
Walikota Tangerang Selatan H. Airin Rachmi Diany, SH., MH., bersama Drg. Dahlia Nadeak, MKes., Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan Foto: Doc. Humas Kominfo

Kota Tangerang Selatan Menuju Kota Koperasi

Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany mengingatkan betapa pentingnya Koperasi guna  meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Tangerang Selatan.

Mengingat begitu pentingnya koperasi, Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk memberikan sertifikat secara gratis kepada Koperasi dan UKM agar nantinya bisa dijadikan modal pembiayaaan ke lembaga keuangan.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Koperasi dan UKM kemudian bertekad membangun perkoperasian di Kota Tangerang Selatan dengan mendorong seluruh koperasi menjadi koperasi yang sehat dan berkualitas untuk membangun Kota Tangerang Selatan sebagai Kota Koperasi.

Rencana Pemerintah Tangerang Selatan tertuang dalam agenda prioritas/strategis dan output 5 tahun ke depan  dalam melaksanakan tugas dan fungsi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Selatan, sebagai berikut:

  1. Fasilitasi peningkatan permodalan bagi koperasi dan UMKM (Sertifikasi Tanah bagi pelaku UMKM dan Unit Pelayanan Dana Bergulir/UPDB),
  2. Upaya penigkatan kualitas dan Branding Produk UMKM Tangsel (Promosi, Standarisasi, dan Sertifikasi Produk UMKM Tangsel),
  3. Peningkatan Kualitas Managemen dan Kompetensi Sumber Daya Koperasi guna Mewujudkan Koperasi Sehat Berkualitas Menuju Kota Koperasi,
  4. Pemberdayaan, Pembinaan dan Penataan Pedagang Kreatif Lapangan pada Lokasi yang telah ditentukan,

Pemerintah bertekad koperasi di Kota Tangerang Selatan harus sehat dan berkualitas, baik dari sisi management koperasi maupun management usahanya. Koperasi harus mampu mengelola rencana pengembangan keuangan koperasi, mampu mengembangkan rencana kegiatan apa yang akan dilakukan dalam usaha pengembangan koperasi.

“Pada akhirnya koperasi harus bisa menjadi solusi bagi permasalahan UKM dan solusi bagi permasalahan masyarakat, artinya kaperasi harus dapat menjadi solusi masalah permodalan, pemasaran, dan peningkatan kualitas produk dalam UKM. Demikian juga halnya, koperasi harus dapat mengatasi masalah dalam masyarakat terkait pengangguran dan masalah ekonomi masyarakat di Kota Tangerang Selatan,” kata Dahlia Nadeak Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan.

Dalam hal ini koperasi juga dapat membangun lapangan kerja yang luas sehingga serta mampu mengurangi tingkat pengangguran yang ada, mengatasi masalah ekonomi dan mampu mengangkat derajat ekonomi masyarakat Kota Tangerang Selatan. Sehingga koperasi benar-benar menjadi sendi perekonomian masyarakat Kota Tangerang Selatan.

Kita punya klasterisasi Modal Usaha yang sangat potensial untuk dikembangkan. Begitupun dengan Volume Usaha Koperasi yang sudah dikembangkan di Kota Tangerang Selatan sangat besar. Berikut ini kita sampaikan:

Klasterisasi Modal Usaha Pada Tahun 2017

No

Klasterisasi

Jumlah

1

UMKM Mikro

15.955

2

UMKM Kecil

6.728

3

UMKM Menengah

4.157

Jumlah

26.840

Volume Usaha Koperasi

No

Uraian

Jumlah

1

Jumlah Koperasi

539

2

Jumlah Anggota

52.946

3

Jumlah Karyawan

632

4

Total Aset

991.890.625.045

5

Volume Usaha

1.228.762.290.122

6

SHU

20.600.740.735

Yang terpenting adalah bagaimana kita membangun koperasi menjadi sehat dan berkualitas sehingga masyarakat dan pelaku UKM berbondong-bondong masuk menjadi anggota koperasi dan mau menabung di koperasi.

Untuk itu kita telah menyiapkan program namanya ‘1 Koperasi 1.000 UKM’ penekanannya bukan pada jumlah koperasi tepi lebih kepada kualitas koperasi.

Kita juga akan kembangkan koperasi dengan sistem E-Digital sehingga semua anggota bisa mengakses pengelolaan keuangan koperasi, bisa melihat secara transparan berapa jumlah simpanan pokok. Setiap tahun diadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk mengetahui berapa jumlah Sisa Hasil Usaha (SHU) yang harus dibagikan kepada para anggota. (ADV)

Check Also

Sekda Persitangsel

Sekda Muhamad Ajak Warga Tangsel Dukung Persitangsel di Ajang Piala Indonesia 2018

Ciputat, SUARA TANGSEL – Persiapan Persitangsel untuk menghadapi juara Liga Indonesia, Bhayangkara FC dalam putaran ...

suaratangsel.com