Beranda TOPIK UTAMA INTERNASIONAL

Komunitas Kuil Sulaiman Israel ajak puluhan warga Yahudi ‘kotori’ Masjid Al-Aqsa

34
0
Warga Yahudi Kotori Al-Aqsa

Yerusalem, SUARA TANGSEL  – Puluhan warga Israel pagi (Minggu, 21/7) kemarin, datangai masjid Al-Aqsa untuk melaksanakan ibadah Talmud Yahudi. Sebelumnya Komunitas Kuil Sulaiman telah mengeluarkan ajakan bagi warga Yahudi untuk mendatangi Al-Aqsa.

Media lokal melaporkan warga Yahudi terlihat masuk dari pintu Magharibah sejak pagi di bawah pengawalan ketat militer Israel.

Kunjungan tersebut bertepatan dengan salah satu puasa dalam agama Yahudi yang dikenal dengan puasa Tamuz. Ibadah yang dilakukan menjelang peringatan insiden penghancuran Kuil Sulaiman yang diyakini penganut agama Yahudi.

Komunitas Kuil Sulaiman sengaja mengambil kesempatan ibadah tersebut sebagai momen untuk mengajak warga Yahudi agar mengunjungi Masjid Al-Aqsa dengan jumlah besar. Tentunya untuk menimbulkan kesan kepemilikan dan ikatan sejarah antara Yahudi dan Masjid Al-Aqsa.

Di waktu yang sama, otoritas Israel terus mempersulit warga Muslim Palestina yang ingin mendatangi Al-Aqsa. Pemeriksaan, pemukulan dan penyitaan kartu tanda pengenal merupakan hal biasa yang harus diterima warga saat memasuki pintu Al-Aqsa.

Warga Yahudi memperoleh kesempatan masuk ke Al-Aqsa sebanyak dua kali dalam satu hari, pagi dan siang, kecuali hari Jumat dan Sabtu. Setiap kunjungan dapat berlangsung selama lima jam. (st/SPNA)