Beranda TOPIK UTAMA NASIONAL

Komsos Kreatif TNI AD Bersama Awak Media, Brigjen Tatang Subarna: Saya Bangga Adab Sopan Santun Mas Bambang TV One

1062

Jakarta, SUARA TANGSEL – Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) Mabes TNI Angkatan Darat (Mabesad) menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Silaturahmi antara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bersama awak media, baik cetak, elektronik dan media Online di Buperta, Cibubur, Jakarta Timur pada, Kamis (17/6/2021).

Acara Komsos kreatif silaturahmi TNI AD bersama awak media terlihat penuh dengan kebersamaan, diawali dengan peregangan otot-otot terlebih dahulu sebelum jalan santai, dilanjutkan jalan sehat sejauh 1.6 kilometer mengelilingi Kempi II Buperta Cibubur, kemudian dilanjutkan Senam body combat, tak hanya itu para awak media juga menikmati acara outbond dan lomba ikat tali secara kelompok yang sudah disiapkan oleh panitia.

Wajah ceria terlihat dari para jurnalis yang hadir di acara tersebut, baik Media Cetak, Televisi maupun Media Online yang sehari-harinya melakukan tugas jurnalistik, dan hari ini berkesempatan sejenak berolahraga bersama jajaran TNI AD, khususnya dari Dinas Penerangan Angkatan Darat, bahkan tak sedikit dari peserta memperoleh penghargaan atas kerja keras dan profesional, yang telah dinilai terbaik dalam penulisan berita selama ini tentang TNI AD.

Kadispen TNI AD, Brigjen TNI Tatang Subarna dalam sambutannya mengucapkan, terimakasih kepada Insan Media yang telah bekerja dengan baik dan professional, sebagai Kadispen AD yang baru 3 bulan menjabat, pihaknya tidak ingin membatasi wartawan dalam meliput di lingkungan TNI AD.

“Saya tidak akan ragu dengan media, karena ini yang ada di depan saya, saudara saya semua,” kata dia.

Hari ini sambung Tatang, mengajak para awak media untuk olahraga bersama.

“Yang kita butuhkan olahraga dan senyum. Karena itu imunitas yang sangat berharga, dan itu juga yang menjadi tujuan acara ini. Tak hanya silahturahmi TNI AD dengan para media, tapi para media juga bisa saling mengenal dengan rekan media yang lain, serta silaturahmi dengan jajaran Dispen AD,” jelasnya.

“Saya melihat bapak Kasad begitu luar biasa kedekatannya kepada wartawan, dan hari ini beliau berkata kepada saya, tidak boleh melarang pada wartawan yang meliput di Mabesad, rangkul dan layani mereka dengan baik,” lanjutnya.

“Sebagai ungkapan terimakasih hari ini, Mabes TNI AD memberikan penghargaan kepada para jurnalis terbaik dari media televisi, online dan juga cetak. Jangan dilihat nilainya, tetapi ini bentuk perhatian TNI AD dengan insan media, Ini semua wujud nyata kalau TNI AD selalu menggandeng erat para insan Media,” tutup Kadispenad.

Diakhir acara para awak media diminta mengungkapkan pesan dan kesannya terkait acara tersebut, dan ungkapan itu diwakili oleh Bambang Purnama korlip TV one. Bambang menyampaikan, pertama-tama dirinya mohon izin terlebih dahulu kepada semua tamu undangan yang ada didalam acara tersebut.

“Kepada bapak, ibu, kakak, mas, abang, para senior-senior rekan media semua yang hadir, izinkan saya untuk menyampaikan pesan dan kesan dalam acara pada hari ini, setidaknya ada 3 Poin yang akan saya sampaikan,” ucap Bambang Purnama.

pertama dirinya mengatakan bahwa ketika kita (Media) adakan acara yang dibungkus Komsos Kreatif Silaturahmi TNI AD dengan awak media, ini kan Halal bi Halalnya TNI AD dengan Media. Artinya itu bukti cintanya TNI AD kepada Media.

Lalu yang kedua sambung Bapak yang memiliki Putri berusia 3 tahun ini, mengatakan bahwa semua orang tidak bisa elak bahwa technology semakin maju, era Siber internet, Digitalisasi media, sekarang publikasi tidak hanya melalui media mainstream, tapi juga melalui media sosial, dan tadi sudah ditampilkan ada Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube nya TNI AD, dan yang mencengangkan sekarang Subscribernya sudah tembus 1 juta.

“Dulu waktu pak Nefra dan pak Anang kekantor saya (TV One), kalo ga salah masih 200 ribuan Subscribernya, sekarang sudah tembus 1 Juta, artinya TNI AD melek technology dan bisa beradaptasi terhadap publikasi,” kata Bambang.

Kemudian yang ke 3 atau yang terakhir, kalau organisasi Militer biasanya itu tertutup dan memang harus begitu, tetapi sekarang TNI AD sudah jauh lebih terbuka dalam peristiwa apapun, dan tidak bisa sebutkan satu persatu, tetapi terhadap peristiwa yang sensitif pun TNI AD membuka ruang untuk konfirmasi, klarifikasi dan itu penting. Walaupun memang harus ada usaha yang lebih kita (Media) untuk mengejar akurasi berita atau sumber informasi yang A1.

“Tapi memang itu tugas Media, dan sekarang TNI AD tidak lagi tertutup namun lebih Welcome, dan itu kemajuan yang luar biasa,” tutup Bambang mengakhiri pesan dan kesannya.

Sebelum acara ditutup Kadispenad mengomentari apa yang disampaikan oleh Bambang Purnama. Dan mengatakan bahwa di Era milenial seperti saat ini, dirinya merasa bangga dengan Bambang (35).

Di usia dirinya yang sekarang sudah 51 tahun, dan menganggap sebagai sebagai kakaknya dari Bambang, ia merasa bangga ternyata adab sopan santun yang dilakukan oleh Bambang begitu tampil ke depan, bagaimana Izin kepada kakak, kepada senior, kepada bapak dan ibu.

“Ini mahal, ini character yang tidak boleh lupa dan tidak boleh dihilangkan, tidak boleh,” Tegasnya.

Kenapa kita orang Timur katanya, tapi kalau adab sopan santun sudah hilang apa yang mau dikatakan. Sekali lagi mas Bambang, saya selaku kakak, saya selaku abang, saya bangga terhadap Junior, masih memegang tali-tali nya leluhur kita yaitu, adab sopan santun,” pungkas Brigjen Tatang Subarna.

(Fahmy)