Home / TOP TANGSEL / Komisi Pengawas Persaingan Usaha Gelar Diskusi Bersama Awak Media

Komisi Pengawas Persaingan Usaha Gelar Diskusi Bersama Awak Media

Serpong, SUARATANGSEL – Sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap terjadinya suatu pelanggaran di bidang usaha. Berbagai kalangan media dari media cetak,online dan televisi datang menghadiri undangan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) guna berdiskusi mensosialisasikan hukum untuk persaingan usaha.

Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menggelar tanya jawab bersama rekan-rekan media disebuah hotel ternama dibilangan Alam Sutera Tangerang selatan Minggu 01/04-2018, yang diwakilkan langsung oleh direktur Penindakan KPPU, Gopprera Panggabean.

“KPPU memiliki kewenangan untuk memberikan saran dan pertimbangan atas kebijakan pemerintah yang mengarah pada persaingan tidak sehat”, ujar ¬†Gopprera Panggabean.

KPPU memiliki kewenangan menyelidiki, memeriksa, dan memutuskan dugaan pelanggaran persaingan usaha tidak sehat oleh pelaku bisnis, KPPU memiliki kewenangan untuk menerima dan mengevaluasi merger yang dinotifikasi dan dikonsultasikan melalui PP No 5 Tahun 2010.

KPPU juga memiliki kewenangan untuk mengawasi dan menegakkan hukum atas pelaksanaan kemitraan antara pelaku usaha besar dengan UMKM, namun KPPU sendiri belum dan tidak berhak memaksa untuk masuk kedalam ranah exsekusi terlebih masuk terlalu jauh.

“KPPU Dengan kerendahan hati mengakui kelemahannya dalam bertindak untuk menindak para pelaku monopoli dalam persaingan usaha, dikarenakan terkendala dibeberapa kebijakan UU dalam menangani temuan temuan yang telah tercantum didalam UU no 20 sesuai kemitraan bersama pemerintah,namun harus tetap berjalan sesuai koridornya”, tutup Gopprera. (nur)

Check Also

Walikota, Wakil Walikota, dan Sekda Bayar Pajak PBB di Pekan ASN Tangsel

Serpong, SUARA TANGSEL – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Tangsel Benyamin ...

suaratangsel.com