Beranda TOPIK UTAMA NASIONAL

Kemendag Bantu Pemkot Tangsel Atasi Covid-19

127
Irjen Kemendag RI, Srie Agustina, di Ruang Display Pemkot Tangsel, Selasa (9/6). Foto: Humas Kominfo Tangsel

Ciputat, SUARA TANGSEL – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag) bantu Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) atasi Covid-19. Adapun bantuan tersebut diterima langsung oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, di ruang display Pemkot Tangsel, Selasa (9/6).

Bantuan yang diberikan berupa Baju APD 1500, masker medis 10 ribu, hand gloves 2000, face shield 500 buah, kacamata APD 500, suplemen 2000, sabun antiseptik 2500, Minyak goreng 2004 liter.

Irjen Kemendag Srie Agustina mengatakan bahwa masalah Covid-19 ini bukan hanya masalah satu daerah atau Indonesia saja, melainkan masalah di seluruh dunia.

Dalam rangka menghadapi new normal, Kemendag sudah memastikan bahwa ada fasilitas kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

“Kami sudah memastikan ada 150 pasar yang akan mendapatkan fasilitas protokol kesehatan ini,” kata Srie.

Begitu juga dengan pusat keramaian seperti mall. Kemendag akan mendorong pelaku usaha untuk menerapkan protokol kesehatan ini. Memperketat protokol kesehatan. Tetap menjaga jarak, dan ada semacam pengaturan terkait dengan transaksi yang dilakukan, sambungnya.

Oleh karena itu, Srie meminta pada seluruh masyarakat agar mematuhi semua protokol kesehatan. Dengan begitu Indonesia bisa melewati wabah Covid-19 ini.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengatakan, bantuan yang diterima dari Kemendag ini akan segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Terutama masyarakat yang terdampak dari wabah Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Airin juga melaporkan kesiapan Tangsel menghadapi new normal. Sebagaimana yang dipaparkan oleh Presiden, bahwa ada beberapa kebiasaan baru yang harus diterapkan oleh setiap daerah. Hal ini bersamaan dengan diberlakukannya new normal di Indonesia.

“Pada intinya, kita (Pemkot) Tangsel terus berupaya memutus mata rantai Covid-19 dan mengaktifkan lagi beberapa kegiatan yang sempat tertunda pada masa PSBB,” ujar Airin.

Saat ini dalam rangka menyambut new normal, Airin memastikan kesiapan fasilitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kemudian sarana dan prasaran yang harus memenuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat, pungkasnya.

Wartawan: Mohamad Deni/Herman

Editor: Iskandar P Hadi