Home / SUARA WARGA / Kampungnya Dikepung Limbah Industri, Anak Nelayan Muncar Surati Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas
Kampung Muncar

Kampungnya Dikepung Limbah Industri, Anak Nelayan Muncar Surati Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Tangerang Selatan – SUARA TANGSEL –  Meski jauh merantau di negeri orang, Fitri anak nelayan dari kampung Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur tidak pernah lupa akan kerisauan warga tempat ia dilahirkan yang kini terkepung limbah industri.

Tepat, 20 Januari 2017 lalu, Fitri secara terbuka menulis surat kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengelukahkan nasib warga Muncar yang mulai resah karena lingkungan tempat tinggal mereka telah tercemar limbah industri.

Menurutnya, warga Muncar semakin risau karena Bupati Abdullah Azwar Anas seolah bungkam, diam seribu bahasa melihat kondisi lingkungan yang tidak sedap dipandang mata itu.

Meski sudah dua periode menjabat sebagai bupati, warga Muncar tidak melihat terobosan yang dilakukan Abdullah Azwar Anas dalam menyelesaikan masalah sampah dan limbah industri yang mengotori lingkungan tempat tinggal mereka saat ini.

Diakui Fitri, bahwa kehadiran industri pengolahan ikan di Muncar tidak hanya berdampak positif pada kehidupan kehidupan masyarakat, yang secara ekonomi semakin membaik, tetapi ternyata kehadiran industri pengoahan ikan di daerah ini ternyata juga berdampak negatif terhadap lingkungan di wilayah Muncar dan sekitarnya.

Tumpukan sampah, bercampur limbah industri telah menimbulkan aroma tidak sedap yang mengganggu penciuman, dan terlihat menjijikan karena dari tumpukan sampah dan limbah itu muncul ulat-ulat kecil yang membuat bulu kuduk berdiri.

Karena itu, mewakil warga Muncar, Fitri meminta Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas selaku pemerintah kabupaten Banyuwangi dan pemerintah provinsi Jawa Timur  untuk untuk segera  1) Mengevaluasi pengelolaan limbah indusstri pengolahan ikan di Muncar, 2) Mencari solusi untuk menanggulangi pencemaran lingkungan akibat limbah cair pabrik, 3) Mendorong pabrik-pabrik pengolahan ikan untuk secepatnya membuat Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

Untuk diketahui, Muncar sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Banyuwangi, prrovinsi Jawa Timur. Muncar telah lama dikenal sebagai tempat bandar ikan laut terbesar setelah Bagan Siapi api, Rokhan Hilir, Riau.

(one/hen)

 

Check Also

Warga Pamulang

Warga Grand Residence Pamulang Minta DPRD Tangsel Mediasikan Ganti Untung Tanah

Serpong, SUARA TANGSEL – Tiga puluh enam warga yang tergabung dalam Paguyuban Grand Residence Pondok ...

suaratangsel.com