Beranda TOP TANGSEL PEMKOT TANGSEL

Kampung Jawara Tangsel Jadi Percontohan Nasional

412

Serpong Utara, SUARA TANGSEL – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis meresmikan Kampung Tangguh Nusantara. Dalam peresmian tersebut secara daring Kapolri melaunching Kampung Jawara yang bertempat di RW 04 Marga Jaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel Sebagai percontohan nasional, Kamis (9/7).

Kampung Jawara ini menjadi percontohan nasional dikarenakan fasilitas yang dimilikinya baik fasilitas kesehatan, pendidikan, keamanan, perekonomian serta kelompok masyarakatnya yang kompak.

Secara simbolis, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana didampingi Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menandatangani prasasti Kampung Jawara.

Penilaiannya telah dilakukan oleh Mabes Polri untuk dijadikan rujukan pada masing-masing Provinsi atau Polda-Polda yang ada.

“Untuk Kampung Jawara Tangsel ini merupakan salah satu kampung yang ditunjuk oleh Mabes Polri mewakili Polda-Polda yang lain sebagai percontohan yang nanti akan diikuti oleh Polda yang lain,” terangnya.

Kampung Jawara dimaksud membuat lingkungan menjadi lebih baik. Mulai dari kebiasaan maupun budaya, sehingga menjadikan masyarakat di kampung menjadi tangguh. Makna tangguh yakni dalam melawan pandemi Covid-19.

“Kita ingin zona merah menjadi orange, yang orange menjadi kuning dan yang kuning bisa menjadi hijau. Sedangkan yang hijau tetap harus dipertahankan. Khususnya dalam penanganan covid-19, “harapnya.

Dirinya berharap setiap Kampung Jawara ada struktur organisasi. Ada Ketua yaitu lurah, wakilnya ada Babinsa dan Bhabinkantibmas dan di bawahnya ada sekesi-seksi. Ada seksi kesehatan, keamanan, edukasi, demokrasi. Ada sekitar 6 seksi. Ini semua bertumpu dari masyarkat untuk masyarakat.

“Adanya kampung Jawara ini Masyarakat bisa menjadi sehat, tangguh dan mampu mencegah jangan sampai kampung tersebut terkena wabah Covid,” ungkapnya.

Muhamad Deni