Beranda HUKUM & PERISTIWA

Jokowi Lantik Listyo Sigit sebagai Kapolri

1051
foto: Istimewa

Jakarta, SUARA TANGSEL – Presiden Joko Widodo melantik Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (27/1/2021), pukul 09.30 WIB.

Pantauan melalui siaran langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi memasuki Istana Negara pada pukul 09.32 WIB, dengan didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pelantikan Kapolri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5/Polri/Tahun 2021 tentang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Lalu, proses pembacaan sumpah jabatan pun dimulai. Dipimpin oleh Jokowi, Listyo mulai membacakan sumpah jabatan kalimat per kalimat mengikuti ucapan Jokowi.

“Demi Tuhan YME, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Listyo mengikuti Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menunjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menujungkan tinggi Tri Brata,” lanjutnya.

Acara pelantikan Kapolri ini dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, mantan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan lainnya. (**)