Beranda TOPIK UTAMA NASIONAL

Jokowi & JK ucapkan sumpah jabatan Presiden RI

33
0
jokowi, JK usai pelantikan
jokowi, JK usai pelantikan
jokowi, JK usai pelantikan

Jakarta SUARA TANGSEL.COM, – Ir. Joko Widodo dengan lancarnya, mengucapkan sumpah jabatan menjadi Presiden Republik Indonesia di depan Sidang Paripurna MPR, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin pagi. 

Tampil mengenakan peci dan setelan jas hitam serta dasi merah, Jokowi memegang map besar berisi naskah sumpah jabatan itu di podium kehormatan. Setelah itu, giliran Jusuf Kalla mengucapkan sumpah jabatannya sebagai wakil presiden. 

Dengan suara baritonnya, Joko Widodo mengucapkan sumpah jabatan itu secara lancar di bawah naungan kitab suci Al Quran.

Pengucapan sumpah jabatan kedua pemimpin baru Indonesia itu juga menjadi detik pengesahan peralihan kekuasaan dan harapan baru untuk Negara Republik Indonesia bisa menjadi lebih baik dari pemerintahan Susilo Yudhoyono menjadi tugas penting dan bukan beban yang ringan untuk Jokowi.

Sidang paripurna yang dipimpin Ketua MPR, Zulkifli Hasan, ini juga dihadiri Presiden Susilo Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono. Selain mereka berdua, mantan saingan Joko Widodo dalam Pemilu Presiden 2014, Prabowo Subianto, juga hadir. 

Yudhoyono yang semula duduk di kursi kiri podium kehormatan, lalu bertukar posisi dengan Joko Widodo setelah mereka bersalaman dan saling bertukar cium pipi. Yudhoyono bertepuk tangan  dan menebarkan senyuman  ringan menandai prosesi peralihan kepemimpinan Presiden Negara Republik Indonesia ke-7.