Home / SUARA BANTEN / KOTA TANGSEL / Jelang Ramadhan, Mantri Pasar Ciputat Razia Pedagang Ikan Asin
Mantri Pasar Ciputat H. Endang Saputra Foto: Iskandar P Hadi

Jelang Ramadhan, Mantri Pasar Ciputat Razia Pedagang Ikan Asin

Ciputat, SUARA ANGSEL – Jelang Bulan Suci Ramadhan Mantri Pasar Ciputat menggelar razia pada pedagang ikan. Ini merupakan langkah antisipasi agar ikan asin yang dijual di Pasar Ciputat benar-benar terbebas dari bahan pengawet seperti formalin, kata Mantri Pasar Ciputat H. Endang Saputra, kepada Suaratangsel.com, di ruang kerjanya, lantai 3 Pasar Ciputat, Jalan Aria Putra, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Rabu, 9/5/2018.

Langkah ini diambil bersama dengan Dinas Kesehatan UPT Puskesmas Ciputat Kota Tangerang Selatan dan UIN Syarif Hidayatullah. “Teknisnya, pedagang ikan asin didata berikut dengan jenis ikan asin yang dijualnya, kemudian sampel dibawa ke Laboratorium Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah untuk diperiksa kandungan bahan pengawetnya,” papar Endang Saputra.

Jika terdapat sampel ikan asin yang mengandung bahan pengawet formalin maka akan dicocokkan dengan data pedagang yang ada dan akan dengan mudah diketahui siapa penjualnya. Pedagang yang menjual ikan asin berbahan pengawet akan diberikan pembinaan dan dikenakan sangsi administrasi bahkan bisa dikenai sangsi pidana oleh aparat hukum, sambung Endang Saputra.

Mengapa ikan asin, karena kebutuhan ikan asin di Pasar Ciputat khususnya di Bulan Suci Ramadhan sangat tinggi. Selain tidak sehat, makanan yang mengandung formalin berbahaya bagi tubuh kita. Kita tidak ingin, di bulan penuh berkah ini, masyarakat mengkonsumsi ikan asin yang tidak sehat.

Selain soal kesehatan makanan, Pasar Ciputat juga mengantisipasi terjadinya lonjakan pedagang kaki lima, keamanan, dan kebersihan. Hampir setiap bulan Ramadhan terjadi lonjakan pedagang, terutama pedagang kaki lima.

“Ini harus diantisipasi, terutama soal penataannya, keamanannya, dan kebersihannya agar kondisi tersebut tidak menimbulkan kerawanan,” tegasnya.

Sementara itu terkait Pos Kesehatan yang belum ada akan segera disiapkan di lantai dasar. Ini untuk antisipasi apabila terjadi kecelakaan, seperti jatuh, pusing, dan lain sebaginya. Pos Kesehatan ini untuk memberikan pertolongan pertama sebelum diberikan pertolongan lebih lanjut, pungkas Kepala Pasar yang juga seniman ini. (Iskandar P Hadi)

 

Check Also

Futsal Memperebutkan Piala Kapolres Tangsel (Kapolres Cup 1)

BSD, Suara Tangsel – Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan membuka Langsung tournament pertandingan Futsal ...

suaratangsel.com