Beranda SUARA BANTEN KOTA SERANG

Irjen Pol Tomsi dan Waki Gubernur Banten Ikut Gowes Sejabat Merdeka

138
0

Serang, Banten, SUARA TANGSEL – Memeriahkan Hari Kemerdekan RI ke-74, Polda Banten, Korem 064/MY dan Radar Banten menyelenggarakan kegiatan fun bike, yang diberinama Gowes Sejabat seri delapan atau Sejabat Merdeka.

Kegiatan yang diikuti oleh Kapolda Banten, Irjen Pol, Drs. Tomsi Tohir, MSi, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, Sos, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah, H.SM Danrem 064/MY Kolonel Inf. Windiyanto, Direktur Radar Banten Mashudi, SH ini, juga dimaksudkan untuk mengenalkan destinasi wisata dan sejarah Banten kepada para peserta sepeda jelajah Banten (Sejabat).

Para peserta Gowes Sejabat, yang berjumlah 1.150 orang ini  akan memulai mengayuh sepedanya mulai dari titik star di Korem 064/MY Serang, dan berakhir di Graha Pena Radar Banten.

Jarak tempuh Gowes Sejabat Merdeka ini  sekitar 60 kilometer. Dengan rute Makorem 064/MY-Keraton Surosowan, Banten Lama-Tasikardi, Alun-alun- Kramatwatu, SDN Kemuning-Putri Mandi-Alfamart Soyog-Cilowong-Bojong-SDN Sayar-Galian Pasir Pancanagara, Pabuaran-Palima-Samsat Lama-Dalung-Sayabulu-Graha Pena Radar Banten. 

Menurut Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata dalam siaran persnya, yang diterima Redaksi suaratangerang.com, Sabtu  pagi (31/8), bahwa selain mendapatkan manfaat kesehatan dan kebugaran tubuh, Gowes Sejabat Kemerdekaan ini sekaligus mengenalkan beragam kesenian khas Banten.

Di antaranya, adalah rampak beduk, marawis, ketimpring dan debus. Untuk rampak beduk yang dimainkan oleh personel gabungan dari Satbrimobda Polda Banten dan Batalyon Infantkeri 320/Badak Putih, di Banten Lama sambil melakukan aksi bersih bersih di sekitar kanal yang biasa banyak sampah.

“Selanjutnya para peserta Gowes melanjutkan kayuhan sepedanya ke Alun-alun Kramatwatu untuk istirahat etape pertama .Di situ, panitia menyediakan minuman, camilan dan aneka rebusan (jagung, singkong, Ubi dan pisang). Dilanjut ke arah SDN Sayar,” kata Edy Sumardi.

Untuk diketahui, kesenian marawis yang ditampilkna pada acara itu dimainkan oleh personel Yonif 320/ Badak Putih, Pandeglang. Sementara, ketimpring dan debus merupakan sumbangan warga Kampung Tongkleng Pasirwangi, Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran, di bawah komando H Maman Samuti, Ketimpring dan debus itu menghibur peserta di lokasi pit stop atau istirahat ketiga, di Galian Pasir, Kampung Tongkleng Pasirwangi, milik H Maman Samuti.

Kegiatan Fun bike Sejabat Merdeka ini  berakhir di graha Pena Radar Banten, dengan Hiburan dan Pengundian Doorprize. (ST)