Beranda BUDAYA LIFESTYLE & ARTIS

Invisible Hopes, Sebuah Kisah Narapidana Perempuan dan Anak Yang Hidup Didalam Penjara

884

Jakarta, SUARA TANGSEL – Film Invisible Hopes, yang disutradarai sekaligus diproduseri oleh Lamtiar Simorangkir adalah sebuah film yang mengungkap sebuah kisah kehidupan para anak-anak yang terlahir dari rahim seorang ibu yang menjadi narapidana dan terpaksa harus hidup dan menjadi korban terselubung dibalik jeruji penjara.

“Rencana awalnya, Invisible Hopes akan dibuat menjadi film pendek untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada anak yang lahir dan hidup di balik jeruji besi,” kata Lamtiar usai Press Screening di Studio 8 XXI Plaza Senayan, Kamis (1/4).

Lebih lanjut lamtiar mengutarakan dalam proses pembuatan film tersebut berkembang menjadi sebuah film panjang dengan berdurasi 1 jam 45 menit.

Seperti diketahui, anak adalah merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia serta keberlangsungan sebuah bangsa dan negara.

Oleh karena itu perlu dilakukan upaya perlindungan untuk mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya tanpa perlakuan diskriminatif.

Dan juga hak-hak anak harus terpenuhi sejak masih dalam kandungan, oleh karena itu ketika berbicara tentang pemenuhan hak anak hal itu berkaitan sangat erat dengan pemenuhan hak ibunya (perempuan hamil dan menyusui).

Oleh karena itu, Lam Horas Film, sebuah komunitas film yang membuat film untuk tujuan edukasi dan raising awareness merasa sangat penting untuk membuat film tentang anak-anak yang lahir dari ibu narapidana yang terpaksa hidup dan menjadi korban terselubung dibalik jeruji penjara.

Film ini diharapkan dapat memberikan informasi baru untuk menjadi bahan diskusi yang dapat mengagitasi penonton untuk merekonstruksi solusi baru yang lebih berpihak kepada perempuan hamil dan lebih penting lagi diharapkan dapat membawa harapan baru bagi anak-anak yang menjadi korban terselubung dalam penjara orang dewasa.

Setiap anak berhak untuk hidup didunia yang bebas, sehat, terlindungi dan bahagia.

Film Invisible Hopes baru akan tayang pada bulan Mai 2021.

(Muhamad Deni)