Beranda BISNIS

IKM Bersatu Siap Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi

927
Ketua DPD IKM Kota Tangerang, Indra Jaya (tengah).

Kota Tangerang, SUARA TANGSEL – Dengan Ikatan Keluarga Minang (IKM) yang solid dan bersatu optimis mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat yang kuat, dimanapun kami berada, sekalipun di tengah pandemi Covid 19.  

Hali ini diungkapkan Indra Jaya Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kota Tangerang dalam sebuah wawancara dengan wartawan di Kantor DPD IKM Kota Tangerang, Rabu, 4/11/2020.

Kita ketahui bahwa masyarakat Minang ada di seluruh negeri dan bahkan mendunia. IKM ini terbangun secara besar dimana-mana ada, tapi ada yang perlu menjadi catatan bagi kita semua berdasarkan nasihat para sesepuh. Minangkabau dengan falsafahnya dari para leluhur kita, selalu menekankan, “Dimana bumi di pijak di situ langit dijunjung.”

Kami DPD IKM Kota Tangerang yang hari ini masih berjalan di Kota Tangerang, maka berkewajiban bagi kita semua masyarakat Tangerang untuk membangun Kota Tangerang ini menjadi kota yang maju, menjadi kota yang bisa bersinergi, kata Indra Jaya.

“Hari ini kami dari IKM Kota Tangerang sudah memulai gerakan-gerakan yang mendasar pada basis ekonomi kerakyatan. Kami sudah membentuk UMKM-UMKM binaan yang hari ini ditujukan untuk membangun ekonomi masyarakat bagi masyarakat yang ada di Kota Tangerang. Gerakan UMKM binaan ini kita lakukan dari rakyat untuk rakyat, dari masyarakat untuk masyarakat,” lanjutnya.

Basis gerakan ini mendasar pada gerakan sembilan kebutuhan bahan pokok (Sembako) beras, minyak goreng, bahkan telor. Yang pasti dari kondisi hari ini kita harus bisa bertahan dari seluruh kehidupan masyarakat yang ada di Kota Tangerang.

DPD IKM Kota Tangerang terus berkembang hingga membentuk basis-basis yang ada di kecamatan-kecamatan. Kota Tangerang ada 13 kecamatan yang hari ini sudah terbentuk dan hari ini bersinergi. Bersinergi baik dengan seluruh masyarakat atau seluruh elemen yang ada di kota tangerang.

“IKM kini bahkan sudah bersinergi dengan pemerintah untuk membentuk Kota Tangerang menjadi kota yang lebih baik,” tegasnya.

Harapan kami, kita jangan terjebak pada egoisme atau terjebak pada hal-hal yang tidak baik yang bisa merusak persatuan, bisa merusak kekeluargaan, dan membelah tali silaturahmi kita dalam bermasyarakat.

Hari ini seluruh negeri ini, bahkan di sebagian penjuru dunia sedang dilanda pandemi Covid 19. Kondisi ini nyata-nyata sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat. Kehidupan masyarakat menjadi serba sulit, perekonomiannya, pendidikannya menjadi terganggu, tambah Indra.

Namun demikian kita tidak boleh terus terlena dengan corona. Kita harus bangkit dan fokus pada pengembangan ekonomi masyarakat.

Dengan gerakan UMKM yang berdasar pada ekonomi kerakyatan dari masyarakat kita pastikan ekonomi masyarakat tetap terjamin, ekonomi masyarakat tetap hidup. Kita sudah harus memikirkan bagaimana untuk kemajuan kita ke depan, untuk ekonomi kita ke depan.

Kita sudah harus siap menghadapi New Normal dengan kondisi yang lebih baik, dengan protokol kesehatan tetap menjadi perhatian kita, pungkasnya.

Wartawan: Iskandar P Hadi