Home / BUDAYA / WISATA / RAJA AMPAT / Himpunan Pramuwisata Indonesia DPC Raja Ampat Gelar Muscab dan Pelatihan Tour Guide

Himpunan Pramuwisata Indonesia DPC Raja Ampat Gelar Muscab dan Pelatihan Tour Guide

Waisai Raja Ampat, SUARA TANGSEL  – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) HPI Raja Ampat menggelar kegiatan Musyawarah Cabang ( Muscab ) sekaligus workshop di Hotel Marasrisen, Waisai Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Muscab DPC HPI Raja Ampat dibuka langsung oleh Ketua HPI Pusat Erwan Maulana dan diikuti oleh 48 tour guide Raja Ampat sekaligus sebagai peserta workshop. Juga hadir pada acara tersebut Sekertaris DPD HPI Provinsi Papua Barat, Mathias Rumbruren, Ketua DPC HPI Raja Ampat, Ranny Tumondo dan Wakil Ketua Recky Mugama serta perwakilan dari  The National Conservasion dan wakil Akademisi, Rabu (10/8).

Dalam sambutan Muscab, Ketua HPI Pusat menyampaikan bahwa pentingnya HPI yang diakui dunia maupun nasional, karena HPI merupakan anggota WFTGA  di bawah UNWTO sebagai badan organisasi dunia naungan PBB.

“Link yang begitu banyak ditambah keanggotaan yang banyak di lembaga turism dunia, maka anggota HPI berpeluang besar mendapat pangsa yang lebih besar pula, ” terangnya.

Lanjutnya, “HPI juga dapat menjaga stabilitas antara guide lokal dan pendatang degan membuat peraturan-peraturan setempat dimana guide Raja Ampat sangat mendahulukan conservasi, kemudian dapat mengupgrade kualitas guide lokal dengan melakukan SOP yaitu standar procedur guide, yang berstandar nasional untuk menghindari komplain dan yang lainnya sebagai acuan anggota HPI. ”

IMG_20160810_223135
Ketua HPI Pusat saat memberikan sambutan pada Muscab DPC HPI Raja Ampat dan Pelatihan Tour Guide.

Ia juga berharap HPI dapat membantu Pemerintah terutama dinas pariwisata sebagai rekan dan penyeimbang dalam dunia pariwisata dimana guide sebagai ujung tombak dan pelaku di lapangan.

Di tempat yang sama salah satu peserta Muscab dan Workshop Jein Souisa (25) mengatakan dinamika dunia pariwisata tidak terlepas dari peran guider, seindah apapun tempat wisata namun jika tidak diimbangi dengan kualitas guidernya maka tidak akan memberikan hasil yang maksimal untuk para tamu baik itu wisatawan asing maupun domestik.

“Dengan adanya HPI maka dapat meningkatkan kualitas guide di Raja Ampat dan tentu akan lebih teraturnya pariwisata di suatu daerah di belahan Indonesia manapun terutama Papua Raja Ampat, tentu ini sangat baik dan sangat diperlukan,” katanya.

Salah satu peserta lainnya Pirlow Mayor (23) yang merupakan guider termuda dari UNANIM jurusan Sosiologi menambahkan pengajaran dari Workshop HPI sangat bagus dapat menambah pengetahuan kami dan dapat membuka wawasan kami tentang standar pelayanan yang tinggi dan menjadi masukan bagi kami di tempat kami bekerja .

“Dengan cara pelatihan dan workshop ini kami yakin bisa lebih baik lagi dalam kualitas pelayanan guide di perusahaan kami bekerj,” tandas Pirlow.

Muscab HPI dan Workshop rencanaya akan ditutup pada  Kamis (11 /8) setelah pemilihan pengurus oleh Bupati Raja Ampat dan dilanjutkan dengan kegiatan bersama yaitu jalan sehat, kemudian HPI Raja Ampat akan melakukan bersih-bersih di pantai Waisai Trade Center ( WTC ) di Kabupaten Raja Ampat. (Hendra)

Check Also

istana presiden

Objek Wisata Baru, Pergantian Pasukan Jaga Istana Kepresidenan

Jakarta, SUARA TANGSEL – Pergantian pasukan jaga Istana Kepsresidenan, lengkap dengan seremoni serah terimanya, akan ...

suaratangsel.com