Home / PENDIDIKAN / Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Agri Bisnis UIN Gelar Seminar dan Pelatihan Urban Farming
Yepi Suherman saat menjelaskan bagaimana bercocok tanam tampa lahan yang luas Foto: Nurhayati

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Agri Bisnis UIN Gelar Seminar dan Pelatihan Urban Farming

Ciputat, SUARA TANGSEL – Ikatan Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Saint dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Seminar dan Pelatihan Urban Farming di Aula Masjid Al-Mau’idzhatul Hasanah, Jalan Raya Kertajaya Mukti, Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, pada Minggu, 22/4/2018.

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Agri Bisnis Fakultas Saint dan Teknologi selaku motor penggerak program acara seminar ini mengajak masyarakat dan seluruh mahasiswa, untuk lebih menanamkan rasa bertanggung jawab terhadap lingkungan terutama penghijauan, juga terhadap tanaman.

Seminar yang diselenggarakan dengan Tema Make Earth Green Again ini dihadiri oleh Ir. Yepi Suherman, MM., Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, Febry Putra, SP.,  selaku  Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tangerang Selatan, bersama Adiman, SAgr., dan Ahmad Dalhar, SP., selaku Praktisi Hidroponik.

Pada kesempatan itu Febry Putra Selaku Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tangerang Selatan, mengajak kepada seluruh peserta seminar untuk menyaksikan pemutaran sebuah film dokumentasi mengenai usia petani dan pertanian yang semakin menua dan semakin berkurangnya lahan pertanian yang tersedia, akibat dipergunakan untuk industri, juga properti.

Pada seminar yang menghadirkan pembicara-pembicara dalam bidangnya, Febry Putra juga menyampaikan bagaimana caranya bercocok tanam dengan mengunakan sistem bertani, dan bercocok tanam tanpa harus memakan lahan yang luas.

HMJ Agri Bisnis berfoto bersama usai seminar
Foto: Nurhayati

Sementara itu, Ridzki selaku Ketua Panitia Pelaksana,  menjelaskan kepada awak media disela acara yang berlangsung, ”Acara Seminar dan Pelatihan Urban Farming ini sendiri bertujuan untuk lebih mengimplementasikan dari Tri Darma Perguruan Tinggi dimana ada pendidikan dan  pengajaran penelitian dan juga pengabdian masyarakat, dimana acuan utamanya yang di prioritaskan yakni program kerja sosial,” ujarnya.

Sedangkan argibisnis dan proritas utamanya diprioritaskan  kepada masyarakat, dan  adapun pihak yang dilibatkan dalam hal ini ialah masyarakat umum, namun pihak pelaksanaannya sendiri dari mahasiwa, dan perencanaan awal untuk kegiatan ini, kita lebih kepada teori dan dilanjutkan dengan praktikum. Harapan saya dan teman-teman, peserta bisa mengimplementasikan ilmu-ilmu tentang pertanyaan perkotaan tersebut ke lingkungn sekitar rumah masing-masing.

Seminar yang diselenggarakan HMJ Agri Bisnis diakhiri dengan penyerahan piagam yang diserahkan langsung oleh Panitia Seminar dan Ketua HMJ Agri Bisnis Hasanu kepada  Sekertaris Dinas Pertanian Kota Tangsel Ir. Yepi Suherman., MM dan penanaman bibit tumbuhan Sawi mengunakan sistem Hidroponik. (Nurhayati)

Check Also

Direktorat Sejarah Adakan Forum Komunitas Penggiat Sejarah

Kebayoran Lama, SUARA TANGSEL – Untuk pertama kalinya Direktorat Sejarah Kemdikbud mengadakan Forum Penggiat komunitas ...

suaratangsel.com