Home / PENDIDIKAN / Hargai Mutu Pendidikan Non Formal, Dindik Kota Tangsel Gelar Lomba Kreatifitas Paket B
Lomba Kreatifitas

Hargai Mutu Pendidikan Non Formal, Dindik Kota Tangsel Gelar Lomba Kreatifitas Paket B

Serpong, SUARA TANGSEL – Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Karenanya, untuk meningkatkan mutu Pendidikan Non Formal di kota Tangsel, Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Bidang Pendidikan Non Formal Informal (PNFI) menggelar kegiatan Lomba Kreatifitas Peserta Didik Paket B di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Kecamatan Setu, pada Selasa, ( 13/10/2015).

Kepala Bidang PNFI Dinas Pendidikan Tangsel Hayati Nur menyampaikan bahwa lomba yang dilaksanakan ini diikuti oleh 20 peserta dari 10 PKBM di Tangsel. Diantaranya yakni PKBM Technosa, PKBM Ka Seto, PKBM Bina Mandiri, PKBM Siliwangi, dan lainnya.

“Para peserta yang mendapat juara 1, 2, dan 3 akan mewakili Tangsel ke Provinsi untuk lomba Melukis dan Hasta Karya. Mereka kami minta untuk menunjukan kreatifitas yang dimiliki dan bersaing di Provinsi maupun Nasional,” ungkap Hayati.

PKBM mengirim siswanya yang berprestasi dan memiliki bakat untuk mengikuti lomba ini, dengan tujuan memberikan penghargaan bagi siswa yang punya kelebihan di tingkat Paket B.

“Kami harapkan ini bisa memacu para warga belajar yang lain untuk mengikuti jejak prestasi temannya. Kita juga ingin pendidikan non formal lulusannya bermutu dan berkualitas, tidak seperti yang dibayangkan orang yang hanya mengejar ijasah saja,” jelasnya.

Sementara di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan – Mathodah, mengatakan bahwa kegiatan yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun ini mengundang antusias warga belajar cukup tinggi.

“Kita menyiapkan peserta Paket B ini untuk mewakili Tangsel ke jenjang Provinsi. Biasanya Tangsel selalu menjadi juara umum dalam lomba di Pendidikan Non Formal. Mudah-mudahan tahun ini hasilnya akan lebih baik lagi,” jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang mendidik calon-calon pemimpin puluhan tahun yang akan datang. Dia berharap pendidikan formal maupun non formal bisa terus berkualitas. (*/best/bpti-ts)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Check Also

EduCenter

Educenter, Mall Edukasi Pertama di Indonesia

Serpong, SUARA TANGSEL – Kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dalam lima tahun terakhir ini terus ...

suaratangsel.com