Home / BUDAYA / UNIK / Hal Unik Bernamakan Indonesia di Luar Negeri

Hal Unik Bernamakan Indonesia di Luar Negeri

Unik, SUARA TANGSEL – Sebagai orang Indonesia, sepantasnya kita bersukur karena terlahir di sebuah negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah atau pun karena sosok pribadi yang ternyata namanya begitu melegenda dan menjadi kebanggaan di Indonesia, ternyata sama juga di manca negara, sosok Sukarno Hatta misalnya, nama kedua tokoh proklamator ini dijadikan sebagainama jalan di dua negara sekaligus. Selain itu ada juga yang karena kecintaan terhadap budaya Indonesia di Belgia dibangun sebuah taman Indonesia yang menghadirkan sejumlah bangunan asli Indonesia. Selengkapnya telah kari rangkum dalam hal yang bernamakan Indonesia di dunia, yang kami kutip dari Web Aneh di Dunia.com.
Kota Tempe di Arizona

Hal bernamakan Indonesia di manca negara pertama adalah kota Tempe yakni sebuah kota Maricopa County Arizona Amerika Serikat dengan populasi penduduk pada tahun 2008 sebanyak lebih dari 175.000. Kota terletak di bagian timur lembah Phoenix Metropolitan Area ini dibatasi oleh Phoenix dan Guadalupe di sebelah barat, Scottsdale di utara, Chandler di selatan, dan Mesa di sebelah timur. Dan, kota Tempe merupakan tempat atau lokasi dari kantor pusat grup penerbangan Amerika US Airways Group serta memiliki kampus Arizona State tertua dan terbesar di Arizona.
Jalan R.A Kartini di Belanda

Beralih ke negara Belanda di negeri kincir angin ini ternyata terdapat sebuah jalan dan daerah yang bernamakan Raden Ajeng Kartini, pahlawan nasional yang dikenal sebagai pejuang hak-hak perempuan di Indonesia. Uniknya tak hanya satu namun ada beberapa kota di Belanda yang memiliki nama jalan R.A. Kartini. Antara lain di Utrecht, jalan R.A. Kartini atau R.A.Kartinistrast yang di kawasan menengah  ke atas. Yakni dihuni prumahan yang nyaman dan modern, jalan utama Kartinistraat berbentuk huruf u ini memiliki kurang lebih  besar di banding jalan-jalan yang menggunakan nama tokoh-tokoh lainnya. Di Venlo bagian selatan di Jalan R.A. Kartinistrast berbentuk huruf O sementara di wilayah Amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, Jalan Raden Ajeng Kartini ditulis lengkap. Dan, paling menarik mengamati letak Jalan Kartini di Haarlem. Di sana Jalan Kartini berdekatan dengan Jalan Mohammad Hatta, Sultan Syahrir dan langsung tembus ke jalan Chris Soumokil, Presiden ke 2 RMS atau Republik Maluku Selatan.
Taman Indonesia di Belgia

Berlanjut ke Taman Indonesia pertama di Eropa ini terletak di Parc Paradisio, Brugelette, Belgia. Taman yang diberi nama The Kingdom Of Ganesha ini adalah sebuah penghargaan dan kehormatan bagi bangsa Indonesia. Taman ini terwujud atas dasar kecintaan Eric Domb yang merupakan petinggi dari Parc Paradiso terhadap Indonesia, sehingga ia membuat taman seluas 5 hektar tersebut. Komplek luas ini terdiri dari Puri Agung Shanti Buwana Bali, replika besar Candi Prambanan, bongkahan batu besar berderet ala Gunung Kawi di balik tembok candi, rumah Toraja, replika Candi Borobudur, rumah tradisional Nusa Tenggara Timur (NTT) serta beragam patung dan bahkan kayu pohon besar yang telah menjadi fosil dari daerah Banten. Tak tanggung-tanggung, keseluruhan dari taman yang telah dibuka dan diresmikan pada 20 Mei 2009 ini dibangun oleh para seniman dan pekerja yang didatangkan khusus dari Bali dan Jawa Tengah.
Sungai Gila di Arizona

Arizona adalah negara Amerika yang terletak di barat daya sangat terkenal dengan keindahan alamnya diantaranya gurun dan sungai. Uniknya, Arizona memiliki sungai bernama Sungai Gila, sungai ini adalah anak sungai dari Sungai Kolorado di antara Newmexico dan Arizona, dan sungai ini memiliki panjang 650 mil atau 1000 km.
Jalan Ir. Soekarno di Maroko dan Pakistan

Dan, yang terakhir yaitu Jalan Ir. Soekarno. Tercatat ada 2 negara yang mengambil nama Presiden pertama Indonesia ini sebagai nama jalan di negaranya, yakni Maroko dan Pakistan. Di Maroko, nama Soekarno diabadikan menjadi nama Rue Soukarno. Selain nama Soekarno, di negara ini pun juga ada nama Jalan Jakarta. Kabarnya, Maroko terkesan dengan sosok Soekarno, sehingga peresmian jalan itu pun mengundang langsung  Soekarno ke Maroko, pada 2 Mei 1960 lalu, untuk menggunting pita nama jalannya itu. Selain di Maroko, nama Soekarno juga terkenal di Pakistan, setidaknya ada 2 tempat yang diberi nama Soekarno di Pakistan yaitu Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar di Lahore. Sama halnya dengan Maroko, Pakistan sangat segan kepada sosok Soekarno. Bahkan, hingga kini kalangan militer Pakistan masih ingat jasa Soekarno yang mengirim TNI Angkatan Laut (AL) berpatroli di Laut Selatan Pakistan saat konflik memanas antara Pakistan dan India di tahun 1965 lalu. (*/itas)

Check Also

bayi kembar

Bayi Kembar Identik Lahir di Dua Tahun Berbeda

San Diego, SUARA TANGSEL  — Sepasang anak kembar di San Diego ini nampaknya tidak akan ...

suaratangsel.com