Beranda ILMU & TEKNOLOGI

Fitur Terbaru FB Ternyata Terinspirasi Perilaku Orang Indonesia

322

Jakarta, SUARA TANGSEL — Facebook tercatat sebagai sosial media nomor satu di banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia. Tahukan Anda bahwa fungsi facebook di Indonesia ternyata tidak sekadar menjadi sosial media saja, tapi ternyata menurut pengakuan salah seorang petinggi facebook bahwa facebook juga di Indonesia digunakan sebagai  “Craigslist”, sebagaimana sebuah situs layanan iklan baris di AS.

Artinya, lebih banyak pengguna di Indonesia yang memanfaatkan jejaring sosial facebook sebagai media jual beli, selain hanya untuk berhubungan dengan teman-teman.

Pernyataan mengenai besarnya pengguna facebook sebagai Craigslist tersebut diungkapkan langsung Chief Product Officer Facebook, Chris Cox dalam acara WSJD Live Conference, Jumat (23/10/2015).

Menurut penjelasan Cox, pengguna di Indonesia kebanyakan menggunakan Group sebagai media untuk menjual produk, termasuk pakaian bayi dan sparepart otomotif.

Uniknya, masih menurut Cox, tujuan facebook membuat fitur Group bukanlah untuk kegiatan jual beli.

Akan tetapi, saat menyadari bahwa kegiatan itu sudah mulai banyak, facebook malah ingin membantu proses jual beli yang dilakukan para penggunanya agar semakin mudah digunakan.

Dari pernyataan petinggi facebook terebut, dapat disimpulkan bahwa lahirnya fitur e-commerce yang saat ini dikembangkan facebook salah satu faktornya terinspirasi dari para pengguna sosial media ini di Indonesia.

“Saat kami melihat perilaku unik seperti ini, kami tertarik untuk melakukan pengembngan dengan membuat fitur yang lebih baik,” ujar Cox.

“Contoh perilaku unik dari para facebooker di Indonesia yang saling bertukan informasi tentang barangnya di facebook, benar-benar telah membuat proses jual beli menjadi lebih mudah,” katanya.

Facebook Shopping

Bukti bakal seriusnya facebook dalam e-commerce terlihat dengan diujinya fitur bertajuk “Shopping”. Ini merupakan tab baru yang tersemat pada menu “More” di facebook. Kala menekan tab tersebut, pengguna bakal disuguhkan beragam diskon dan foto-foto produk.

Facebook mengklaim konten yang tertera pada Shopping bakal sesuai dengan ketertarikan pengguna.

Hal ini dimungkinkan karena sebelumnya facebook telah mencocokkan konten dengan data personal pengguna. Jadi, antara pengguna satu dan lainnya, konten Shopping yang disuguhkan akan berbeda-beda.

Fitur teranyar dari facebook ini baru bisa digunakan oleh beberapa pengguna. Belum jelas kapan fitur ini bakal dirilis resmi. (*bes/indonet)

Editor : AF Hanafi