Beranda BUDAYA LIFESTYLE & ARTIS

FindTukang, Aplikasi Penyedia Jasa Pertukangan

521
FindTukang, Aplikasi Penyedia Jasa Pertukangan, Suara Tangsel

Serpong, SUARA TANGSEL – Sekarang mencari dan memanggil tukang bisa lewat aplikasi FindTukang! Aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam memesan jasa tukang ini berisi sejumlah kategori jasa perbaikan, seperti perbaikan AC, produk elektronik, komputer, dan pipa air, juga jasa potong dan cuci rambut serta cuci mobil.

CEO FindTukang, Nope Lavanda menjelaskan, aplikasi ini dihadirkan sebagai solusi untuk masyarakat dalam mencari tenaga ahli atau tukang di berbagai bidang, yang kian hari semakin sulit untuk dilakukan. Selain itu, kehadiran aplikasi ini juga diharapkan dapat membantu mengurangi pengangguran di Indonesia.

“Selain memberikan mereka kesempatan, kami juga ingin memberikan kebanggaan dan meningkatkan rasa percaya diri para tukang seperti halnya tukang ojek sepeda motor. Kami juga ingin mengubah cara berpikir masyarakat yang mengartikan tukang sebagai kuli,” ujar Nope.

Untuk saat ini, aplikasi FindTukang hanya tersedia di Google Play Store, dan selanjutnya akan hadir di Apple Store.  Selanjutnya, untuk memanfaatkan aplikasi ini pengguna hanya perlu mengisi alamat dan memilih kategori jasa yang dibutuhkan, setelah berhasil masuk. Kemudian, aplikasi ini akan menampilkan pilihan tukang yang tersedia dalam radius 10 KM beserta rating.

Tarif yang ditawarkan pada aplikasi ini pun bervariasi, tergantung pada ketgori jasa yang dipilih pengguna. Tarif untuk perbaikan AC, ledeng, komputer dan produk elektronik ditawarkan sebesar Rp30.000 untuk satu kali pemanggilan. Namun, biaya ini belum termasuk jasa dari tukang ataupun biaya pembelian alat dan suku cadang yang dibutuhkan.

Selain itu, untuk satu kali pemesanan layanan cuci mobil dan potong rambut, pengguna akan dibebankan biaya sebesar Rp40.000. Berbeda dengan tarif perbaikan, tarif ini sudah termasuk dengan biaya jasa tukang. FindTukang menyebut akan mengambil komisi sebesar 20 persen untuk setiap pemesanan kedua layanan ini.

Menurut Co-Founder dan CEO FindTukang, Nope saat ini, FindTukang masih memanfaatkan uang tunai sebagai metode pembayarannya. Namun, lanjut Nope, FindTukang juga berencana untuk bekerja sama dengan instansi perbankan dan operator seluler untuk menghadirkan pilihan kartu kredit dan metode pembayaran lainnya.

Nope pun menyebutkan  bahwa ide aplikasi ini muncul karena pengalaman pribadinya dan semua pendiri FindTukang, yang ternyata merupakan sebuah masalah bagi banyak orang.

“Grup teman-teman seringnya berisi pertanyaan, ‘ada yang punya kenalan Tukang AC nggak?’ dan lain-lain. Mencari Tukang itu memang tidak mudah, setelah mendapat nomor telepon Tukang pun kadang janjiannya juga susah. Kita tidak tahu kapan mereka bisa datang, sementara kita butuhnya cepat,” imbuhnya.

Nove yang juga berpengalaman di bidang IT selama 10 tahun dan Founder dari Media online BelumTahu.com ini menyampaikan kenapa FindTukang baru bisa dimanfaatkan  di Tangsel, karena menurutnya daerah ini dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dan, dari sisi pelanggan cukup potensial karena perkembangan property di Tangsel sangat pesat.

(Once)