Home / BUDAYA / Direktorat Sejarah Adakan Forum Komunitas Penggiat Sejarah
Foto: Hana

Direktorat Sejarah Adakan Forum Komunitas Penggiat Sejarah

Kebayoran Lama, SUARA TANGSEL – Untuk pertama kalinya Direktorat Sejarah Kemdikbud mengadakan Forum Penggiat komunitas Sejarah. Ini merupakan angin segar bagi penggiat sejarah dan komunitas budaya yang selama ini berjalan secara mandiri dan mungkin bahkan dipandang sebelah mata.

Forum Komunitas ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam, pada 29 Juni hingga 1 Juli 2018 kemarin di Hotel Amos Cozy Kebayoran Lama Jakarta Selatan dan dihadiri sekitar 40 komunitas dan 200 orang anggota komunitas sejarah dan budaya se-Jabodetabek.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka menyamakan visi antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan pemajuan kebudayaan dan kesejarahan. Direktur Sejarah, Triana Wulandari, berharap, “Acara ini bisa menjadi kesempatan berharga dengan saling bertukar pikiran untuk mewujudkan UU no. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.”

Dengan didampingi para pemateri yang merupakan pengelola komunitas sekaligus praktisi lapangan yang  sudah berpengalaman dalam pengembangan kebudayaan dan kesejarahan, peserta forum diharapkan bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mengurus serta menjalankan program komunitasnya. Dengan begitu, program-program yang dijalankan komunitas bisa membangkitkan kembali ekosistem kesejarahan yang lebih sinergis serta berdampak lebih nyata terhadap masyarakat luas.

Di antara pemateri yang diundang di antaranya, seperti dari Komunitas Jelajah Budaya (KJB), Majalah Historia, Dapoer Dongeng, tirto.id, Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) dan Institut Sejarah Sosial Indonesia (ISSI). Dalam rangkaian kegiatannya pun ada sesi diskusi kelompok dimana dilakukan sharing terkait ide serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi komunitas dalam menjalankan program masing-masing. Permasalahan tersebut dicarikan solusi berikut rencana aksi program nyata yang dapat dilakukan untuk menangani masalah tersebut.

Selanjutnya, rumusan hasil diskusi bersama tersebut disampaikan kepada Drektorat Sejarah untuk ditindaklanjuti dalam menjalankan program Direktorat Sejarah Tahun Anggaran 2019. Diinfokan juga kepada peserta forum yang hadir, ke depannya Direktorat Sejarah berharap bisa mengadakan forum serupa untuk komunitas luar Jabodetabek sehingga pemerintah bisa lebih menyerap aspirasi serta memahami masalah-masalah yang ada di lapangan. (Haha)

Check Also

WH Raih penghargaan

WH Raih Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Inovatif

Bagikan melalui WhatsAppKota Makassar, SUARA TANGSEL – Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) meraih  penghargaan dari ...

suaratangsel.com