Beranda TOPIK UTAMA

Deputi KSP : LaporPresiden.org Sudah Terintegrasi dan Bersifat Komplementer dengan Lapor.go.id

132
Deputi KSP Yanuar Nugroho (tengah) bersama sejawatnya dar KSP, di Istana Kepresidenan, Jakarta, beberapa waktu lalu

Jakarta, SUARA TANGSEL – Terkait dengan kemunculan kanal http://www.laporpresiden.org yang diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (12/7), Deputi Kepala Staf Presiden (KSP) Yanuar Nugroho memberikan tanggapan atas berbagai pertanyaan mengenai kaitan kanal tersebut dengan kanalhttp://lapor.go.id  yang dikelola oleh KSP.

“Kanal http://LaporPresiden.org  adalah hasil inisiasi publik, sedangkanhttp://lapor.go.id  adalah hasil inisiasi pemerintah,” kata Yanuar melalui akun twitter pribadinya @yanuarnugroho yang diunggahnya Minggu (12/7) tengah malam.

Menurut Yanuar, saat ini http://laporpresiden.org  dan http://lapor.go.id sudah terintegrasi dan bersifat komplementer dalam melayani pengaduan masyarakat.

“Engine” http://lapor.go.id  , lanjut Yanuar, digunakan juga untuk meneruskan dan menindaklanjutihttp://laporpresiden.org .

Sebagai latar belakang, Yanuar menjelaskan, bahwa sudah ada sejumlah kanal pengaduan yang diinisiasi publik maupun pemerintah sebelum diluncurkannya http://lapor.go.id .

http://Lapor.go.id  berfungsi bukan untuk meniadakan kanal yang sudah ada atau menghambat inovasi baru,” tegas Yanuar.

Menurut Deputi Kepala Staf Presiden itu, dasar pembentukan kanal http://lapor.go.id  adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2013, yang secara detailnya diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (Permenpanrb) tentang Roadmap Sistem Pengelolaan Pengadua Pelayanan Publik Nasional.

“Jadi, silakan gunakan http://laporpresiden.org  dan http://lapor.go.id  u/ sampaikan keluhan kualitas layanan publik dan pantau pembangunan,” tutur Yanuar.

Lapor.Org

Sebagaimana diberitakan sebelumnya setelah membuka akun twitter pribadi dan fanpage facebook, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuka saluran untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

Kali ini Presiden Jokowi membuka kanal khusus yang bisa menerima laporan atau pengaduan masyarakat terhadap berbagai hal. Adalah Presiden Jokowi sendiri yang mengumumkan pembukaan kanal tersebut.

“Ada masalah di sekitar saudara? Laporkan ke saya melalui http://www.laporpresiden.org ,” tulis Presiden Jokowi melalui akun twitter pribadinya @jokowi yang diunggahny Minggu (12/7) petang.

Presiden menegaskan, bahwa kanal http://www.laporpresiden.org ini merupakan hasil kreativitas anak bangsa. (ES)