Beranda SKPD TANGSEL Crossing Saluran Tandon Nusa Loka Kurangi Genangan Air

Crossing Saluran Tandon Nusa Loka Kurangi Genangan Air

16
0
Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel, Aries Kurniawan (tengah) didampingi Kasi Air Baku dan Operasi Pemeliharaan SDA DPU Tangsel, Firdaus (kiri) dan Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Alam (SDA) Aji Awan (kanan) saat temu wartawan di Oj Coffee, BSD, Jumat, 9/11/2018. Foto: Istimewa

Serpong, SUARA TANGSEL – Proyek pembangunan Tandon Nusa Loka oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan memasuki tahap akhir pengerjaan. Hal ini diutarakan oleh Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Aries Kurniawan saat temu wartawan di Oj Coffee, BSD, Jumat, 9/11/2018.

Menurutnya, tahap akhir akan dilakukan crossing saluran dengan target pengerjaan kurang lebih 3 minggu lamanya. “Persiapannya dimulai dari malam ini. Salah satunya dengan mengganti ukuran Box Culvert atau gorong-gorong cor yang tadinya kurang dari 1 meter menjadi 2×2 meter,” ujar Aries.

Dengan anggaran Rp 5,7 Miliar dari APBD, Tandon Nusa Luka diharapkan memberikan penataan saluran air dan jalan yang dapat meminimalisir genangan akibat datangnya hujan.

Sementara itu, Kasi Air Baku dan Operasi Pemeliharaan SDA DPU Tangsel, Firdaus menambahkan, box culvert yang terpasang saat ini kapasitasnya tidak memadai untuk menampung debit air yang tinggi dari saluran pembuang perumahan ciater permai dan saluran drainase dari Kelurahan ciater.

“Oleh sebab itu, perlu dilakukan crossing jalan untuk menggantikan box culvert lama yang ukurannya sekitar 0,8 – 1 meter, digantikan dengan pemasangan box culvert baru dengan ukuran 2×2 meter sepanjang 24 meter selebar Jalan Ciater. Seperti dari arah Ciater ke Nusa Loka, Rawa Mekar Jaya ke Nusa Loka,” imbuhnya.

Sedangkan, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Alam (SDA) Aji Awan mengatakan, pembangunan seperti tandon berfungsi menahan air agar lebih lama dihulu. Dan bagaimana melebarkan saluran yang ada di hilir.

“Jangan sampai air lebih cepat ke sungai. Makanya dengan membuat cekungan di Tandon Nusa Loka diharapkan bisa menahan volume air dari curah hujan,” pungkasnya.