Home / BUDAYA / UNIK / Cara Unik Basmi Nyamuk dengan Botol Plastik Bekas

Cara Unik Basmi Nyamuk dengan Botol Plastik Bekas

Unik, SUARA TANGSEL — Di saat musim kemarau panjang seperti saat ini, umumnya masalah yang banyak dialami oleh masyarakat adalah banyaknya nyamuk di rumah dan sangat mengganggu. Tidur jadi kurang nyaman karena gigitan nyamuk yang membuat gatal. Bahkan beberapa jenis nyamuk merupakan pembawa wabah berbahaya yang mematikan seperti demam berdarah dan sebagainya.

Kerapian dan kebersihan rumah jadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar rumah kita terhindar dari nyamuk-nyamuk ‘nakal’. Namun, bila kedua hal tersebut telah dilakukan tapi tetap diganggu nyamuk, maka Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk membasminya.

Membasmi nyamuk bisa dengan banyak metode, salah satu cara unik basmi nyamuk adalah dengan menggunakan botol plastik bekas yang ada di rumah. Anda bisa memanfaatkan botol minuman plastik bekas seperti botol air mineral maupun minuman bersoda. Mulai sekarang jika Anda membeli minuman kemasan plastik, jangan dibuang wadahnya karena bisa dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk.

Penasaran bagaimana caranya membuat botol plastik bekas menjadi pembasmi nyamuk? berikut ulasannya.

Cara Membuat Perangkap Nyamuk dengan Botol Bekas

Sebelum membuat alat perangkap nyamuk, terlebih dahulu Anda harus ketahui fakta kenapa nyamuk menggigit manusia. Science Daily mengungkapkan bahwa nyamuk bisa mengetahui keberadaan manusia melalui nafas yang dikeluarkannya. Nafas manusia berupa karbondioksida atau CO2 menyebar diudara sehingga membuat nyamuk mengetahui keberadaan mangsanya.

Karena itu seringkali saat kita tidur di suatu ruangan yang tidak pernah dijadikan tempat tidur awalnya tak ada nyamuk tapi beberapa saat kemudian nyamuk mulai berdatangan. Nah, sistem perangkap nyamuk tersebut dibuat dengan mengadopsi fenomena itu.

Alat dan Bahan

Baiklah, untuk membuat perangkap nyamuk dari botol bekas terlebih dahulu kita persiapkan alat dan bahan sebagai berikut:

  1. Botol plastik bekas minuman ukuran 1.5 liter
  2. Isolasi warna putih
  3. Plastik hitam
  4. Cutter atau gunting
  5. Air panas 200 ml (1 gelas)
  6. Gula merah 50 gram
  7. Ragi bubuk 1 gram

Cara Membuat Perangkap Nyamuk

Nyamuk mencari mangsa dengan mengikuti aroma karbondioksida yang dikeluarkan manusia dari hembusan nafas. Alat perangkap nyamuk yang akan kita buat memanfaatkan karbondioksida buatan sendiri berikut caranya:

1. Cara merakit perangkap nyamuk dari botol bekas

Potong botol menjadi dua bagian menggunakan cutter atau gunting dengan mengambil sepertiga bagian atas botol. Lalu, potongan botol yang bagian atas dibalik dan pasang pada potongan botol yang lainnya sehingga berbentuk seperti corong, mengerucut ke bawah tanpa tutup botol.

cara unik basmi nyamuk dengan botol plastik bekas bisa Anda lakukan di rumah. Anda bisa memanfaatkan botol minuman plastik bekas

2. Membuat CO2 sendiri

Larutkan gula merah yang sudah disiapkan dengan air panas sebanyak 200 ml. Biarkan suhu cairan gula dingin dengan sendirinya. Lalu tambahkan ragi bubuk dengan cara menaburi di atas cairan gula tersebut tanpa diaduk. Masukkan ke dalam perangkap dari botol bekas yang sudah kita buat.

Setelah jadi, tutup botol tadi dengan plastik hitam atau kertas di sekelilingnya dan letakkan di tempat yang diinginkan. Biarkan beberapa hari dan lihat hasilnya, nyamuk akan terperangkap masuk ke dalam botol yang sudah kita buat sebelumnya.

Secara detail, langkah-langkahnya seperti pada gambar berikut ini:

cara unik basmi nyamuk dengan botol plastik bekas bisa Anda lakukan di rumah. Anda bisa memanfaatkan botol minuman plastik bekas

Selamat mencoba cara unik basmi nyamuk dengan botol plastik bekas. (*/i’net)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Check Also

bayi kembar

Bayi Kembar Identik Lahir di Dua Tahun Berbeda

San Diego, SUARA TANGSEL  — Sepasang anak kembar di San Diego ini nampaknya tidak akan ...

suaratangsel.com