Home / BUDAYA / LIFESTYLE & ARTIS / Cara Aman Memasak Mie Instan Agar Tetap Sehat
Cara Sehat Masak Mie Instan

Cara Aman Memasak Mie Instan Agar Tetap Sehat

Jakarta, SUARA TANGSEL – Siapa yang tidak mengenal mie instan. Makanan ini memang sangat terkenal di seluruh dunia khususnya di wilayah Asia. Di Indonesia sendiri makanan ini hadir dengan berbagai merk juga rasa dan membuat penggemar makanan ini tidak sedikit.
Makanan ini juga diyakini sebagian orang akan membawa efek buruk bagi kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi. Pemicunya adalah kandungan bahan di dalamnya yang kurang ramah bagi tubuh. Misalnya adanya kadar tinggi dari bahan pengawet, garam, hingga penyedap rasa.

Dari sisi rasa memang nikmat, namun tidak sebanding dengan keburukannya jika zat-zat tersebut terlanjur mengendap dalam tubuh. Sebagai contoh, garam yang berlebihan dalam tubuh bisa memicu hipertensi dan dehidrasi. Bahan pengawet dan penyedap rasa dituding menjadi stimulant untuk berkembangnya sel kanker. Masih ada berbagai risiko penyakit lain yang bisa muncul.

Karenanya, makan mi instan jangan dijadikan menu rutin. Batasi asupannya semisal 1-2 minggu sekali. Di samping itu terapkan cara sehat makan mi instan. Ada dua cara yang dapat diterapkan agar bahan-bahan dalam produk tersebut tidak terlalu banyak mengontaminasi tubuh.
Nah, jika Anda termasuk yang menyukai mie instant dan tetap ingin memakannya, sebaiknya perhatikan cara masaknya. Berikut tips bagaimana cara memasak mie yang benar agar bisa mengurangi resiko bahaya mie instant seperti dikutip dari Vemale.

• Didihkan air dengan api sedang di dua panci yang berbeda
• Masukkan mie di salah satu panci hingga melunak kemudian matikan api kemudian di angkat dan ditiriskan.
• Masukkan kembali mie ke panci ke dua lalu didihkan kembali hingga airnya lebih bening.
• Jika Air menguning ini berarti mengindikasikan kalau lapisan lilin di permukaan mie instant luntur
• Matikan kompor, Angkat dan tiriskan
• Yang terakhir sajikan sesuai selera dengan beberapa tambahan seperti sayuran dan bakso.
• Gunakan bumbu yang tersedia hanya separuhnya saja. Tidak perlu menyampurkan semua bumbu.

Cara ini memang tidak menjamin mie instan 100% aman untuk dikonsumsi. Tapi setidaknya ini bisa mengurangi dampak buruk dari mie terutama lapisan lilin yang menempel pada mie instant. (*/its)

Check Also

Apoy Tak Sabar Adopsi Bayi

Apoy Tak Sabar Bisa Segera Mengadopsi Aisyah

Pondok Aren, SUARA TANGSEL –  Gitaris Wali Band  Apoy berminat untuk mengadopsi bayi perempuan yang ...

suaratangsel.com