Beranda HUKUM & PERISTIWA

BNN Bekuk Kapal yang Selundupkan 10 Kg Sabu

50
0

Jakarta, SUARA TANGSEL — Tiga Anak Buah Kapal (ABK) berhasil ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) saat akan menyelundupkan 10 kilogram sabu di Dermaga Pelabuhan KPLP Ditjen Pelabuhan Laut Dusun IV, Medan Deras, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara pada Rabu (15/4) lalu.

Mereka masing-masing AG (25), D (36), dan HP (39) berperan sebagai kurir yang diduga terlibat dalam jaringan internasional Malaysia – Indonesia.

Kabag Humas BNN Kombes Slamet Pribadi menuturkan, penangkapan ini berdasarkan informasi masyarakat sekitar pelabuhan yang mengungkapkan di Kabupaten Batubara sering terjadi transaksi narkotika asal Malaysia.

“Dari laporan masyarakat itu kami lakukan pengintaian pada kapal motor Rizky I yang berangkat dari Tanjung Balai menuju Dumai untuk mengambil kayu dan diangkut ke Port Klang Malaysia,” kata Slamet, Kamis (16/4).

Petugas yang sudah lama mengintai kemudian melakukan penggeledahan pada kapal yang kembali bersandar di Dermaga Pelabuhan KPLP IV.

Dari hasil penggeledahan, petugas menemukan 10 kilogram sabu yang dimasukkan dalam bungkus kopi, narkoba yang diduga jenis CC4 dalam bentuk lintingan rokok, satu bundel dokumen kapal dan dokumen ABK, lima paspor milik pelaut, satu buah gear box kapal ex RRC, satu buah GPS kapal nelayan, dan satu buah kapal kayu tonase enam ton yang bertuliskan KM Rizky I.

Slamet menambahkan, sabu itu rencananya akan dibawa ke Tanjung Balai dan diedarkan di daerah Medan dan sekitarnya. Atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal 115 ayat (2) Jo padal 132 ayat (1), pasal 114 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1), pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) UU Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman maksimal pidana mati.(yessi)

Editor : AF. Hanafi