Beranda SUARA WARGA

Berbagi Keceriaan, Menyambut Pagi, Puluhan Layang-layang Diterbangkan Warga

886
Suasana perlombaan layang-layang di wilayah RW 05 Kampung Dongkal, Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan pada Minggu (21/6)

Serpong Utara, SUARA TANGSEL – Di era yang terbilang sudah cukup modern seperti saat ini, ternyata masih banyak warga yang masih mempertahankan atau melestarikan permainan tradisional layang-layang. Seperti yang dilakukan oleh warga di Serpong Utara, antusias warga masih terlihat cukup banyak untuk mengikuti perlombaan permainan tradisional layang-layang pada Minggu pagi (21/6) pukul 08.00 WIB.

Acara yang diselenggarakan di wilayah Kampung Dongkal RW 05 Jalan Mutiara 1 Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diikuti sebanyak 45 orang peserta dari berbagai wilayah yang ada di Serpong Utara.

Mulyadi salah satu panitia penyelenggara menjelaskan, perlombaan layang-layang ini diadakan hanya hari libur saja yaitu Sabtu dan Minggu dengan tujuan hanya untuk hiburan bagi warga saja. Perlombaan ini juga baru dua kali diselenggarakan.

“Untuk Minggu kemarin peserta yang ikut hanya berjumlah 35 orang peserta,” ujar Mulyadi.

Namun dirinya juga mengatakan, untuk Minggu ini peserta yang datang untuk mengikuti perlombaan menjadi 45 orang peserta karena ada penambahan sebanyak 10 orang peserta yang ingin ikut meramaikan dalam perlombaan kali ini, dan tentunya jumlah ini lebih banyak dari pada jumlah Minggu kemarin.

Dari 45 orang peserta ini, nantinya akan menerbangkan layang-layang nya ke udara, jika semuanya sudah diterbangkan, maka benang dari masing-masing layangan akan disatukan dan diikat bersama dalam satu tiang. Hanya akan ada 3 peserta saja yang nantinya terpilih dan berhak mendapatkan gelar juara, yaitu juara 1, 2 dan 3.

“Jadi nanti layang-layang peserta yang mana yang turunnya paling terakhir diantara peserta yang lain, maka itu yang akan dinobatkan sebagai pemenang juara 1, 2 dan 3,” paparnya.

“Untuk peserta yang menjadi juara pertama akan mendapatkan uang sebesar 600 ribu rupiah, untuk juara kedua sebesar 400 ribu rupiah dan untuk juara ketiga 200 ribu rupiah,” jelasnya.

Suryadi warga Kampung Dongkal RT 01/05 yang juga ikut dalam perlombaan layang-layang ini mengaku bahwa dirinya baru pertama kali mengikuti perlombaan ini.

Namun dirinya sangat antusias untuk meramaikan perlombaan ini, selain nantinya bisa mendapatkan hadiah, perlomba layang-layang ini juga cukup menghibur. Tidak hanya bagi pesertanya saja, tetapi juga bagi warga sekitar yang datang untuk menyaksikan perlombaan ini.

“Pendaftaran untuk perlombaan ini, saya hanya membayar 30 ribu rupiah saja untuk satu layang-layang,” jelas Suryadi.

Dalam perlomba layang-layang ini, panitia penyelenggara juga telah menyiapkan doorprize sebesar 500 ribu rupiah untuk para peserta.

Muhamad Deni