Beranda TOP TANGSEL PEMKOT TANGSEL

Benyamin Davnie : Jika Tidak Mengenal Budaya Kita Akan Jadi Separuh Robot

130
0

Ciputat, SUARA TANGSEL – Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menyampaikan, bahwa anak-anak sekarang bukan jadi anak milenial yang seluruh ruhnya dipenuhi oleh teknologi informasi, tetapi ruhnya juga harus diperkaya dengan budaya.

Pernyataan Benyamin tersebut disampaikan pada acara Lomba Menulis Artikel Situs Cagar Budaya yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel di Balai Kota Tangsel, Ciputat pada Rabu, 16 Oktober 2019 lalu.

Menurut pria yang akrab disapa Pak Ben ini, dengan menulis artikel situs cagar budaya, maka generasi yang kerap dijuluki ginerasi milenial ini akan dapat memahami serta menambah khasanah kebudayaan daerah asalnya yang merupakan sumber dari budaya nasional.

“Jika tidak mengenal budaya kita akan menjadi separuh robot. Budaya akan  mengimbangi jalan pikir otak. Tidak semua fenomena dunia kita serahkan pada teknologi. Akal pikiran perlu dibantu oleh kebudayaan dan kesenian,” kata Pak Ben.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono mengatakan, lomba yang digelar dinasnya ini merupakan rangkaian dari kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (Laseda). Diharapkan dengan kegiatan ini peserta dapat mengespresikan pemahamannya dalam bentuk tulisan tentang kebudayaan di daerahnya.

“Peserta juga diminta untuk mepresetasikan karyanya di hadapan para juri untuk dinilai,” kata Taryono.

Mantan Sekdis Kominfo Kota Tangsel ini juga menyebutkan bahwa tujuan lain dari kegiatan lomba ini  adalah dalam rangka membangun generasi Tangsel yang cerdas, berkarakter, berbasis pada budaya lokal. (ST)