Beranda SUARA BANTEN KABUPATEN TANGERANG

Banksasuci Dukung Program KIPPRAH Kabupaten Tangerang

3382

Tangerang, SUARA TANGSEL – Rencananya, dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan bekerjasama dengan Banksasuci Foundation untuk meluncurkan (launching) Bank Sampah Sungai Cirarab (Banksasuci) Melalui Program Cirarab Bersih Bebas Sampah.

Direktur Banksasuci Foundation, Ade Yunus menerangkan bahwa kegiatan Soft Launching program tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 30 Desember mendatang dengan ditandai pelepasan Waste Trap (Alat Jegat Sampah) disungai Cirararab.

“Inshaallah Rabu Besok akan dilaunching oleh Pak Bupati, gerakan ini merupakan bentuk dukungan Banksasuci terhadap terhadap Program Kita Peduli Permasalahan Sampah (KIPPRAH) Pemkab Tangerang yang tertuang dalam Misi Kabupaten Tangerang Menuju Tangerang Semakin Gemilang,” Terang pria berkacamata tersebut.

Kang Ade, sapaan akrab Ade Yunus menjelaskan bahwa Alat WasteTrap terbuat dari bahan yang cukup sederhana dan mudah untuk direplikasi.

” Teknologi yang kami gunakan untuk pembangunan waste trap ini bersifat sangat sederhana dan mudah direplikasi. Kami berharap dengan tersedianya inovasi ini secara terbuka dan terbukti dapat diimplementasi bisa menjadi contoh bagi Pemda, perusahaan ataupun komunitas lainnya untuk melakukan hal yang serupa,” tambahnya.

Saat ditanya mengenai tujuan dan mekanisme WasteTrap, Ade menjelaskan bahwa Instalasi waste trap berfungsi untuk menjerat sampah di sungai agar tidak mengalir ke laut.

” Sampah yang terjerat kemudian dikumpulkan dan dikelola oleh bank sampah sungai Cirarab (Banksasuci), selain dapat meminimalisir sampah ke Sungai Cirarab juga dapat menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan Banksasuci,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Banksasuci sudah menerapkan WasteTrap di Sungai Cisadane sejak tahun 2012, yang bermula dari menggunakan Rakit Bambu, kemudian Pralon lalu PVC, dan terakhir menggunakan perpaduan Pipa Pralon dan Galvanis. (Den)