Home / KESEHATAN / Bakti Sosial, RSU Kota Tangsel Berikan Pelayanan Operasi Gratis 120 Penderita Katarak

Bakti Sosial, RSU Kota Tangsel Berikan Pelayanan Operasi Gratis 120 Penderita Katarak

Pamulang, SUARA TANGSEL — Katarak mata merupakan penyakit mata yang dicirikan dengan adanya noda putih seperti awan pada lensa mata. Katarak mata juga menjadi penyebab utama gangguan pada penglihatan dan kebutaan di Indonesia dan di dunia.

Dari semua kasus kebutaan yang terjadi pada masyarakat, lebih dari 50% disebabkan oleh katarak. Katarak merupakan proses degeneratif yang sangat dipengaruhi oleh faktor usia, oleh karena itu resikonya akan terus meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah lanjut usia.

Kementerian Kesehatan memperkirakan setiap tahun kasus baru buta katarak di Indonesia akan selalu bertambah jumlahnya sebesar 0,1% dari jumlah penduduk, atau kira-kira 250.000 orang/tahun.

Sementara itu kemampuan pemerintah Indonesia untuk melakukan operasi katarak setiap tahun diperkirakan baru mencapai 180.000/tahun, sehingga setiap tahun selalu bertambah jumlah penderita katarak di Indonesia.

Dalam upaya pencegahan serta meminimalisir penderita buta katarak khususnya di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). RSU Kota Tangsel bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Banten, dan di sponsori oleh Bank Central Asia (BCA), menyelenggarakan operasi katarak gratis bagi masyarakat Tangsel di ruang operasi Lt.2 gedung RSU Kota Tangsel, Minggu (26/02/17).

Walikota Tangsel, Airin dan seorang pasien yang akan di operasi katarak mata di RSU Kota Tangsel

Animo masyarakat yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan operasi katarak gratis di RSU Kota Tangsel cukup besar. Terbukti, jumlah masyarakat Kota Tangsel penderita katarak mencapai 100 lebih pasien yang akan di operasi dalam waktu sehari.

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany yang juga hadir dan ikut melihat proses operasi katarak, menyatakan terimakasihnya kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mensukseskan terselenggaranya program bakti sosial operasi katarak yang dilakukan di RSU Kota Tangsel.

“Tentunya saya berterimakasih kepada semua pihak dan pemangku kepentingan yang sudah membantu terselenggaranya operasi katarak ini, data yang saya peroleh di RSU Kota Tangsel biasanya dalam sebulan bisa mencapai 100 pasien operasi katarak, tetapi hari ini, hanya dalam waktu sehari akan dilakukan operasi 100 pasien lebih penderita katarak” ungkap Airin.

Airin juga menyampaikan selain program bakti sosial di RSU Kota Tangsel, pada tahun 2017 ini program yang akan disegerakan adalah proses percepatan pembangunan Gedung 3 RSU Kota Tangsel dengan konsep multiyears.

“Ada 1,5 juta penduduk kota Tangsel yg harus mendapatkan pelayanan kesehatan, untuk itu pada tahun 2017 ini proses pembangunan gedung 3 RSU Kota Tangsel harus disegerakan dengan konsep multiyears” terang Airin.

Pada kesempatan yang sama Dirut RSU Kota Tangsel, Dr.Suhara Manullang M.Kes menjelaskan upaya RSU Tangsel untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Tangsel, salah satunya melalui kegiatan ini.

“Total sudah ada 120 pasien warga Tangsel penderita katarak mata yang akan dilakukan operasi hari ini (Minggu 26/02/2017-red), Ada 5 meja yang kami persiapkan untuk operasi dan 15 dokter spesialis mata yang turut membantu” kata suhara.

Suhara juga berterimakasih kepada Perdami Banten sebagai penggagas kegiatan tersebut, dan juga Bank BCA yang telah ikut andil dalam bakti sosial operasi katarak gratis dan menjadi sponsor kegiatan tersebut.

Kepala Biro CSR BCA, Rizali Zakaria dalam sambutannya mengatakan, selain fokus pada perekonomian, namun BCA juga peduli akan kesehatan yang menjadi salah satu penentu tingkat kesejahteraan rakyat.

“Besar harapan kami semoga operasi katarak gratis yang dilakukan BCA dan SPBK Perdami secara berkesinambungan dari tahun 2001 sampai sekarang dilakukan di RSU Tangsel, dapat berkontribusi menekan angka penderita katarak di Indonesai” tutur Rizali. (ADV)

Check Also

Walikota, Wakil Walikota, dan Sekda Bayar Pajak PBB di Pekan ASN Tangsel

Serpong, SUARA TANGSEL – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Tangsel Benyamin ...

suaratangsel.com