Beranda PROFIL

Ajib Hamdani : Ingin Tangsel Jadi Lebih Baik

984
Ajib Hamdani, SE

Pondok Aren, SUARA TANGSEL – Benar dan salah, bagai dua sisi mata uang.  Sehingga memuliakan kebenaran bukan berarti harus menepikan kesalahan.  Karena itu, seiringan dengan berjalannya waktu, kebenaran pasti akan teruangkap jua. Inilah yang diyakini Ajib Hamdani, saat memutuskan berhenti menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di usainya yang masih relatif muda. Dimana ia harus meninggalkan pekerjaan yang menjanjikan di Direktorat Jenderal Pajak  bukan merupakan hal yang wajar, karena akan mengundang banyak tanya.  Apalagi tak lama berselang setelah pengunduran dirinya tersebut, nama Ajib kembali terpampang di web KPU.go.id dan media massa nasional, yang terdaftar sebagai calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) besutan, Letjen Prabowo Subianto.

Nama Ajib Hamdani memang pernah terkait kasus rekening gendut yang merebak di instansi tempat ia bekerja tak lama setelah kasus Gayus, dan kasus-kasus  lainnya yang melilit para punggawa pajak. Kasus yang diduga melibatkan dirinya itu mencuat ke permukaan setahun setengah setelah ia mundur sebagai pegawai pajak.  Namun, setelah ditangani pihak berwajib, isu tak sedap yang menimpa dirinya ini dinyatakan clear. Sejak saat itu pula, wajahnya  yang imut kerap wara-wiri di layar kaca dan beberapa media cetak dan online nasional lainnya sebagai pengamat perpajakan. Termasuk menjadi saksi ahli di beberapa kasus perpajakan.

Lama tak terdengan, kurang lebih satu tahun sejak Pileg 2014 berlalu,  nama Ajib Hamdani kembali mencuat, kali  ini terkait dengan pernyataan dirinya, yang menyatakan siap maju menjadi calon Walikota Tangerang Selatan, sejak pernyataannya tersebut ia kemudian menjadi news maker di kota Tangsel, kemana pun ia pergi.

Ajib adalah salah satu kader internal Partai Gerindra yang sudah menyatakan diri untuk maju menjadi calon Walikota Tangerang Selatan dan siap untuk bersaing dengan Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan yang saat ini menyatakan diri untuk maju kembali pada Pemilukada Desember 2015 mendatang.

Karena itu, pria kelahiran , 7 Desember 1980 ini merasa tertantang untuk berbuat yang terbaik untuk Tangsel. Ia merasa yakin, jika terpilih nanti, ia akan membuat  Tangsel jadi lebih baik.

Kata Ajib,”kegagalan dalam Pemilihan Umum (Pileg) 2014 lalu, merupakan sebuah pelajaran berharga bagi dirinya, karena tidak selamanya yang dicita-citakan dapat diraih dengan mudah, karena itu perlu kerja keras , ketekunan dan pengorbanan.”

Menurutnya , konstelasi Pileg tentunya berbeda dengan Pemilukada. Kalau dalam Pileg,  orang akan melihat partai terlebih dahulu  baru siapa Calegnya. Tapi pada Pemilukada berbeda, yang dilihat lebih adalah siapa figurnya.

Untuk itu, karena sudah menjadi tekatnya, mantan PNS Direktorat Pajak RI ini merasa harus berbuat sesuatu untuk memajukan kota Tempat ia berdomisili saat ini.

“Saya siap menjadikan Kota Tangsel sebagai trendsetter kota di Indonesia dengan program yang langsung berguna bagi masyarakat per kecamatan di Tangerang Selatan,” tegas Ajib Hamdani yang dikutip banyak media lokal maupun nasional.

Dia menambahkan, program yang dimaksud dari pernyataan tersebut di atas salah satunya adalah bagaimana ia bertekat untuk membuat sistem pengelolaan sampah menjadi ‘energi terbarukan’, ia juga akan membuat Tangerang Selatan menjadi smart city melalui penyebaran wifi di seluruh  sudut kota.

Kemudian, terkait program penghijauan pengembalian tata ruang kota dicocokkan dengan aturan baku tentang tata ruang, serta membuat good governance dengan cara mendudukkan orang yang tepat di tempat yang tepat serta memperbaiki peraturan- peraturan yang belum sempurna. “Sehingga menjauhkan celah bagi oknum pemerintah untuk melakukan korupsi,” tukasnya.

Menurut Ajib, sebagai kota modern, dan merupakan barometer bagi kota-kota lain di provinsi Banten, Tangsel seharusnya jauh lebih baik dari sisi percepatan dan  pemerataan ekonomi. Tangsel harus  lebih smooth, dengan fokus pembangunannya diarahkan ke bagaimana cara pemerintah kota ikut terlibat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program peningkatan income dan atau pendapatan.

Sebagai seorang pengusaha dan juga mantan pegawai Direktorat Pajak,  Ajib tahu betul bagaimana cara mengelola dan meningkatkan APBD kota Tangsel.  Ia menjelaskan bahwa APBD  Kota Tangerang Selatan yang baru mencapai 3 triliun rupiah tersebut tidak mungkin akan mencukupi keperluan investasi dibidang infrastruktur.  “Karena untuk membangun infrastruktur yang baik diperlukan biaya yang cukup besar. Untuk itu, diperlukan pemikiran tentang bagaimana cara mendongkraknya, agar semua aspek pembiayaan dalam pembangunan dapat tercukupi” tukas Ajib.

Sementara itu, terkait dengan kualitas SDM Tangsel saat ini, Ajib berpendapat  bahwa, harus ada yang orang atau sosok yang memiliki kapasitas yang mumpuni, dalam hal ini adalah walikota untuk memimpin  kota ini, dengan memperhatikan segala aspek yang ada hubungannya dengan eningkatan kualitas SDM penduduk kota MADANI ini, “Jelas Ajib.

Menurut Ajib, Kota  Tangsel saat ini belum termanage dengan baik, karenanya harus ada manager yang baik untuk bisa memanage pembangunan di Kota ini, agar semua masalah dapat segera  tertangani dengan baik, ” pungkasnya . []

Curiculumvitae :

Nama : AJIB HAMDANI
Tempat, Tanggal Lahir : Magelang, 07 Desember 1980
Domisili: Kota Tangerang Selatan
Pendidikan Terakhir: S1

Pendidikan

>> Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jakarta 2002
>> Universitas Diponegoro Semarang 2007

Riwayat Organisasi

>> BEM STAN Jakarta 1 Tahun
>> Himpunan Mahasiswa Penilai Jakarta 1 Tahun
>> BLM STAN Jakarta 1 Tahun
>> HMI Komisariat Bintaro Jakarta 1 Tahun
>> HMI Cabang Ciputat Jakarta 1 Tahun

Riwayat Pekerjaan

>> Pelaksana / Ditjen Pajak Kemenkeu RI 2002 2009
>> Direktur CV Karunia Usaha Sejahtera 2009 2013
>> Direktur PT Mitra Bersama Makmur 2012 – 2013

 

Dirangkum dari berbagai sumber.