Beranda SUARA BANTEN KABUPATEN LEBAK

Ada 472 Kafilah Mengikuti MTQ XII di Lebak, Serang Banten

138

Lebak, SUARA TANGSEL — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XII tingkat Provinsi Banten yang diselenggarakan di Kabupaten Lebak diikuti sebanyak 472 kafilah dari delapan kabupaten/kota madya.

“Kami berharap semua peserta dari delapan kabupaten/kotamadya sudah siap,” kata Encep Saprudin, panitia penyelenggara MTQ ke-XII Provinsi Banten di Lebak, Selasa.

Menurut dia, 472 kafilah tersebut terdiri atas putra dan putri tingkat kanak-kanak, remaja serta dewasa.
Mereka peserta dari masing-masing daerah mengirimkan sebanyak 58 kafilah untuk bersaing meraih juara di 13 majelis.

Ke-13 majelis yang diperlombakan, di antaranya Tahfidz Quran, Tilawah, Sharhil Quran, Tafsir Quran, Khat Mushaf dan Qiraatil Kutub.

Pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Banten berlangsung 17-21 Maret 2015 yang dipusatkan di Pasir Ona Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. “Kami minta peserta mempersiapkan diri dengan matang hingga berhasil meraih juara,” katanya.

Ia mengatakan, peserta berasal dari delapan daerah di Provinsi Banten antara lain Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Tangerang. Selain itu juga Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Serang dan Kota Cilegon.

Sedangkan, penilaian MTQ ini melibatkan 172 dewan hakim, termasuk enam di antaranya dewan hakim nasional. Semua dewan hakim tersebut sudah memiliki kompetensi sertifikasi yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Pusat.

Mereka para dewan hakim akan menilai disesuaikan dengan bidang keahlihannya, sehingga tidak diragukan lagi dalam memberikan penilaian pada peserta.
Untuk mencegah kecurangan juga melibatkan dewan pengawas agar penilaian pada lomba itu obyektif.

“Kami bekerja keras agar MTQ Banten ini memiliki kualitas untuk mewakili di tingkat nasional yang akan diselenggarakan di NTB,” katanya.

Ia menyebutkan, adapun tempat pelaksanaan lomba itu, selain dipusatkan di Stadion Pasir Ona juga di Masjid Agung Al-Arraf Alun-alun Rangkasbitung, SMAN 2, SMAN 3 Rangkasbitung, gedung PGRI, Kampus Latansa Mashiro dan gedung Joeang 45 di Jalan Multatuli Banten. [] NetrorkNews