Home / PILKADA 2017 / 12.433 Pemilih Pemula Akan Ikut Coblos di Pilkada Tangsel 2015
pemilih pemula

12.433 Pemilih Pemula Akan Ikut Coblos di Pilkada Tangsel 2015

Serpong, SUARA TANGSEL – Dari data terbaru yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ada 12.433 pemilih pemula yang akan ikut dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangsel pada 9 Desember mendatang.

Data tersebut terdiri dari 12.029 pemilih tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan 404 pemilih pemula dalam daftar pemilih tetap tambahan (DPTb 1).

Menurut Pokja Data Pemilih KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein, usia rata-rata pemilih pemulah yang tercatat oleh KPU adalah 17 tahun, itu artinya sebagian besar dari mereka baru pertama kali ikut mencoblos.

Berdasarkan data tersebut, diketahui bahwa pemilih pemula terbanyak berada di Kecamatan Pamulang dan Kecamatan Pondok Aren.

“Kecamatan Pamulang, ada 2.913 pemilih pemula sementara di Kecamatan Pondok Aren ada 2.631 pemilih pemula yang tercatat dalam DPT,” ujar Achmad Mudjahid, Selasa (3/11).

Selain itu, lanjut Achmad Mudjahid, KPU juga mencatat dari 404 pemilih pemula dalam DPTb 1. Tercatat ada 186 pemilih pemula laki-laki, dan 218 pemilih pemula perempuan.

Sementara itu, ketika ditanya berapa prosentase tingkat partisipasi pemilih pemula dalam Pileg dan Pilpres 2014, Ketua Divisi Teknis KPU Kota Tangsel, Badrussalam mengaku, bahwa pihaknya belum membuat rangkuman data untuk mengetahui seperti apa tingkat partisipasi pemilih pemula dalam memberikan suara di Pileg maupun Pilpres tahuan lalu.

“Sampai saat ini belum ada pemilhan data seperti itu,” tutur Badrus.

Seperti diketahui,  saat ini sebanyak 913.437 orang tercatat dalam DPT Pilkada Tangsel. Selain itu, ada 2.033 pemilih yang sudah tercatat dalam DPTb 1. Seluruh pemilih ini nantinya berhak memberikan suara dalam Pilkada Tangsel pada 9 Desember mendatang. (*/itas)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Check Also

Kuasa Hukum WH Andika

Kuasa Hukum Wahidin – Andika Yakin Gugatan Rano-Embay Tak akan Diterima MK

Kota Cilegon, SUARA TANGSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten dalam Surat Keputusannya  Nomor ...

suaratangsel.com